Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 16 Maret 2015 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Sabtu (14/3), Dalam rangka memperingati Hari Tidur Sedunia (World Sleep Day 2015) yang diperingati setiap tanggal 13 Maret, maka Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis (PS-PDS) Neurologi FKUB-RSSA menyelenggarakan “Seminar Awam Gangguan Tidur dengan tema When sleep is sound, health, and happiness abound” yang diikuti oleh sekitar 100 peserta.

Bertempat diruang Auditorium lantai 6 Gedung Pusat Pendidikan (GPP) FKUB, seminar ini diikuti oleh peserta yang terdiri  Dekan, Wadir RSSA, Kadinkes Kota Malang serta dari kalangan mahasiswa baik S1 dan Spesialis, akademisi, praktisi, dan para kader kesehatan.

Ketua Pelaksana Seminar Awam gangguan tidur, dr. Zamroni Afif, SpS melaporkan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari tidur sedunia, seperti yang kita ketahui bahwa tidur merupakan hal terpenting bagi tubuh kita. Akan tetapi banyak diantara kita masih belum menyadari bahwa gangguan tidur merupakan salah satu faktor yang tidak baik bagi kesehatan tubuh kita.

Menurutnya, di Indonesia hal ini masih belum terlalu popular, dan saat ini secara umum sudah mulai dibentuk tim pusat gangguan tidur dan sudah mulai ada beberapa  salah satunya di RSSA dan kami juga telah bekerjasama dan mengumpulkan tim untuk menanggulangi gangguan tidur yang terkait antara lain dari bidang Radiologi, Penyakit Dalam, Radiologi, Paru, Psikiatri, THT-KL dan Anak, sepakat untuk menangani kasus ini bersama – sama, katanya.

Selanjutnya, karena masih kurangnya pemahaman masyrakat kita akan gangguan tidur maka pada tahap awal ini kami ingin sosialisasi bagi para peserta dan kader kesehatan serta lintas sektoral. Harapannya dengan adanya kegiatan ini selain bisa popular, acara ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat, kami juga  ingin memberikan wacana  pemahaman  untuk menjaga pola tidur yang baik bagi tubuh kita serta deteksi dini untuk mencegah komplikasi akibat gangguan tidur,  ungkapnya.

Sementara itu Kepala Laboratorium SMF  Neurologi  FKUB-RSSA dr. Lianawati, SPS (K) menjelaskan, saya berterimakasih kepada para fasilitator dan panitia yang telah berupaya untuk menyelenggarakan seminar gangguan tidur, sehingga pada pagi ini kita bisa mendapatkan pemahaman tentang masalah gangguan tidur yang bertujuan untuk menyebarluaskan manfaat tidur bagi kesehatan tubuh kita.

Dalam Seminar tersebut panitia menghadirkan beberapa pemateri antara lain: 1. Dr. H. Hari Purnomo, SpS., dengan materi “Hypersomnia (Mengantuk sepanjang hari secara berlebihan)”. 2. dr. Machlusil Husna, SpS dengan mempresentasikan materi  “Sulit Tidur (Insomnia) & Obstructive Sleep Apnea (OSA)” dan 3. Dr. Zamroni Afif, SpS, MBiomed, dengan materi “Parasomnia”. Ketiga pemateri tersebut merupakan staf Lab/SMF Neurologi FKUB/RSSA.  (An4nk)