Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 7 November 2017 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Meningkatnya jumlah publikasi berkualitas internasional merupakan salah satu program prioritas Universitas Brawijaya. Berdasarkan buku “Kekuatan 50 Institusi Ilmiah Indonesia, Profil Publikasi Ilmiah terindeks Scopus”, Universitas Brawijaya menempati peringkat ketujuh dari 50 institusi yang menghasilkan publikasi terindeks Scopus, dan sebagian besarnya merupakan kontribusi Fakultas Kedokteran. Peningkatan prestasi ini terus direncanakan, terutama melalui pencarian hibah yang terkait dengan kerjasama dan pembuatan jaringan dengan institusi penelitian. Terkait tujuan tersebut, dua Program World Class Professor (WCP) berhasil diraih Fakultas Kedokteran Universitas Brwaijaya tahun ini.

Hibah WCP pertama diraih Departemen Mikrobiologi Klinik dengan penekanan pada topik penyakit infeksi. Pada pelaksanaan program ini, Departemen Mikrobiologi Klinik mengundang Prof. Henri A Verbrugh, MD,PhD dari Department of Microbiology and Infectious Disease, Erasmus Medical Center Rotterdam, The Netherland. Keterbatasan tenaga ahli dan peralatan Rumah Sakit untuk diagnosis mikrobiologi, serta penggunaan antimikroba irasional yang menghasilkan organisme yang kebal terhadap antimikroba merupakan isu utama. Program tersebut meliputi workshop penulisan publikasi internasional, workshop penelitian multisenter, seminar, diskusi kasus dan kuliah terkait penyakit infeksi. Program ini ditujukan untuk mahasiswa, residen, dan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.

Hibah selanjutnya diraih oleh Departemen Patologi Klinik bekerjasama dengan Departemen Penyakit Dalam, dengan mengundang Prof. Salvatore di Somma from Faculty of Medicine and Psychology, Sapienza University of Rome, Sant’Andrea Hospital Rome. Program ini menghasilkan beberapa luaran terutama publikasi internasional bersama, supervisi bersama untuk program magister dan doktorel, menginisiasi program fellowship untuk dosen, serta beberapa luaran lain, diantaranya kuliah yang merupakan kolaborasi ilmu dasar dan klinis.

Program yang berlangsung selama satu bulan ini merupakan langkah maju untuk mendukung visi Universitas Brawijaya, menjadi Universitas unggul yang berstandar internasional dan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa.

WhatsApp Image 2017-11-23 at 11.11.11 AM