Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 9 Maret 2012 , oleh angga , pada kategori Berita

foto_workshop_bukuajarRabu (7/3) , UB Press bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) telah melaksanakan  Workshop Penulisan Buku Ajar 2012 yang diikuti oleh para dosen dilingkup FKUB. Kegiatan yang  bertema “ Menulis Buku Merajut Peradaban ”ini dibuka oleh pembantu Dekan I FKUB dan dipusatkan di ruang Auditorium lantai 6 Gedung Pusat Pendidikan (GPP) FKUB.

Dalam sambutannya, Pembantu Dekan I Dr. dr. Sri Andarini, M. Kes menyatakan, kegiatan workshop  seperti ini sangat penting dan bermanfaat khususnya bagi para staf pengajar di FKUB, ” Ungkapnya”. Hal ini dikarenakan untuk membuat suatu buku ajar tidak mudah, mungkin selama ini acuan yang kita gunakan dalam penulisan sebuah buku masih berpacu dalam template yang telah ada. Diharapkan setelah diadakannya workshop ini para staf pengajar kita akan mampu membuat buku ajar yang benar dan termotivasi serta giat dalam menulis hasil karya ilmiahnya untuk dijadikan suatu buku ajar. Dengan banyaknya buku ajar yang diterbitkan otomatis akan meningkatkan peringkat intitusi FKUB. “Imbuhnya”.

Selain itu, dr. Imam Hanafi selaku Sekretaris UB Press menambahkan, Visi dari UB Press dalam mengembangkan lembaga penerbitan di Universitas Brawijaya (UB) adalah dengan keterkaitan kebijakan Rektor UB untuk membuat penerbitan ini. Dari sinilah UB Press berupaya maksimal untuk meningkatkan peran dan revitalisasinya pada penerbitan yang berkonteks sebagai penerbit elektronik pertama dan terbesar di Indonesia.”terangnya”.

Selanjutnya, para pendidik pasti akan sangat senang jika tulisan para dosen ini akan menyebar kemanapun, “imbuhnya”. Oleh karena itu, para sivitas akademika UB tidak perlu khawatir untuk menyebar luaskan hasil buku itu karena ini juga berkaitan dengan peningkatan pemeringkatan website kita dalam versi webometrics. Buku ajar yang telah di publikasi dan layak terbit akan mendapat royalty dari UB Press sebagai reward untuk memajukan pendidikan kita, “jelasnya”.

Dalam kegiatan workshop ini hadir beberap narasumber yang mempresentasikan  beberapa materi seperti; 1). Dr. Imam Hanafi, S,Sos, M. Si, M. Si dengan tema (Kebijakan Penerbitan Di UB). 2).Prof. Dr. dr. Edi Widjajanto, MS, Sp. PK (K) dengan tema (Buku Ajar Antara teori dan Praktek di Lapangan), 3).Dr. Jazim Hamidi, S.H, M.H dengan tema (Kiat Menulis Buku Ajar: Menulis Buku Merajut Peradaban), 4). Prof. Dr. dr. Djanggan Sargowo, SpPD., SpJP(K)., FIHA, FACC, FCAPC, FESC dengan tema (Buku Ajar Berbasis ilmu Kedokteran). (Ang)