Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 15 Desember 2014 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Program Studi Magister Kebidanan menyelenggarakan “Workshop Peninjauan dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Program Studi Magister Kebidanan FKUB” yang dilaksanakan pada Kamis – Jum’at (11-12/12).

Dalam laporannya Ketua program Studi Magister Kebidanan Dr. dr. Nurdiana, M. Kes menyampaikan, Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari. Kami ucapkan terima kasih kepada para undangan yang telah berkenan hadir, Ketua IBI Pusat, Dr. Emi Nurjasmi, M.KM, Ketua AIPKIND, Dra. Jumiarni Ilyas, M.Kes, SPS Magister Kebidanan FKUB, dr. Sutrisno, SpOG(K), Bapak/Ibu PJMK, pengguna lulusan (stakeholders), alumni 2011, mahasiswa Magister Kebidanan FKUB dari 3 angkatan (2012,2013,2014).

Selanjutnya disampaikan oleh Dr. Nurdiana bahwa Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI N0. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil belajar Mahasiswa, disebutkan bahwa Program Pendidikan Magister diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki ciri-ciri mempunyai kemampuan mengembangkan dan memutakhirkan ilmu pengetahuan, mampu memecahkan masalah di bidang keahliannya melalui kegiatan penelitian berdasarkan kaidah ilmiah dan mampu mengembangkan kinerja profesional. Untuk menghasilkan tujuan tersebut, salah satu langkah harus ditempuh adalah dengan penyusunan kurikulum yang sesuai.

Kurikulum secara umum dapat didefinisikan sebagai komponen utama dalam pembelajaran dan proses pengembangan sistem belajar pada sebuah institusi pendidikan. Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian dan pelajaran serta cara penyampaian dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di perguruan tinggi (Kepmendiknas 232, 2000). Peninjauan dan pengembangan kurikulum sangat diperlukan untuk menjamin terlaksananya kurikulum serta kemampuan untuk mengikuti perkembangan zaman. Secara umum, peninjauan dan pengembangan kurikulum dilakukan untuk menyesuaikan dengan perkembangan yang terjadi, atau setelah dampak dari implementasi kurikulum tersebut dapat diketahui. Selain itu juga apabila terjadi perubahan tuntutan dari stakeholders yang mengharuskan universitas/fakultas/ jurusan/ program studi untuk meninjau kurikulum.

Kurikulum pendidikan di Program Studi Magister Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya bertujuan mendidik tenaga pengajar bidan untuk menghasilkan lulusan yang mumpuni, terutama dalam kemampuan mengembangkan sistem pendidikan untuk sarjana kebidanan. Lulusan program studi Magister kebidanan FKUB diharapkan mampu memperdalam pengetahuan, memperluas wawasan, meningkatkan kompetensi dan mengembangkan kematangan intelektual yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan kemampuan sebagai tenaga pendidik dan peneliti ilmu kebidanan.

Kegiatan belajar mengajar di Program Studi Magister Kebidanan telah dilaksanakan selama kurun waktu 4 tahun akademik. Dalam kurun waktu tersebut masih banyak ditemukan adanya kendala dan permasalahan, terutama dalam mencapai kompetensi yang diharapkan untuk lulusan. Selain itu, juga dalam cara mengimplementasikan kurikulum yang diharapkan ke dalam proses belajar mengajar. Dengan pertimbangan tersebut maka perlu dilakukan peninjauan dan pengembangan kurikulum Program Studi Magister Kebidanan, terutama dalam dimensi pelaksanaan dan evaluasi kurikulum.

Pada kesempatan  yang sama Dekan FKUB, Dr. dr. Karyono Mintaroem, SpPA mengatakan, seperti kita ketahui bahwa pendirian program Magister kebidanan ini merupakan mandat dari Dikti. Dan memerlukan beberapa pengembangan baik kurikulum dan kualitas pendidikannya.  (An4nk)