Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 12 Desember 2014 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Standar Kelulusan Universitas Brawijaya (UB) yang mengutamakan mutu dan kualitas para lulusannya,  dimana telah diputuskan  bahwa  salah satu syarat kelulusan program magister adalah Internet Based Toefl (IBT) Test dengan skor 50.

Atas dasar itulah para mahasiswi Program magister Kebidanan melakukan terobosan dan mempersiapkan diri  agar lebih siap dalam menghadapi ketentuan dari UB tersebut.  Salah satu upayanya adalah dengan menyelenggarakan Workshop IBT yang bekerja sama dengan  para pengajar dari Laboratorium Bahasa  – Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) pada (10/12).

Menurut salah satu dosen pengajar dari Lab Bahasa FKUB  Beleven Krismawan, SPd.,  M.Pd  mengatakan, Internet Based Toefl (IBT) Test merupakan salah satu syarat untuk mahasiswa S2 di UB dalam proses kelulusannya dan hal tersebut wajib diikuti oleh para calon lulusan dari seluruh prodi magister yang ada di UB, katanya.

Untuk menunjang kebitihan mereka dalam  kegiatan ini tim kami telah  mempersiapkan beberapa materi serta diltambah dengan listening, reading, speaking dan writing.  Tujuan dari diadakannya pelatihan ini agar mereka dapat mengembangkan kemampuannya dalam bidang  bahasa inggris serta dapat mempergunakan atau mengaplikasikannya dalam bekerja sebagai dosen sehingga mereka lebih percaya diri dan nyaman saat melaksanakan tugasnya.

Kegiatan pelatihan ini merupakan inisiatif dari mereka sendiri, dan pada kesempatan kali pertamanya workshop ini diikuti oleh 27 orang mahasiswi S2 Kebidanan. Kami dari tim mengupayakan  bagaimana meningkatkan kemampuan bahasa inggris mereka secara umum, setelah itu mereka akan menjalani pelatihan atau simulasi test IBT sekaligus kami lengkapi dengan strategi – strategi dan pembahasan soalnya.

Kedepan Lab.  Bahasa juga akan menerima bentuk kerjasama dari keluarga besar sivitas  akademika FKUB dengan harapan semakin banyak yang berpartisipasi maka keluarga besar FKUB akan semakin meningkat kemampuannya dalam berbahasa inggris dan hal tersebut sangat berguna dalam melakukan komunikasi saat menjalankan tugas-tugasnya. (An4nk)