Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 1 Pebruari 2012 , oleh angga , pada kategori Berita

foto_workshop_batuDalam rangka upaya meningkatkan efisiensi dan efektifitas kinerja bidang administrasi yang meliputi: persuratan, keuangan dan logistik, Fakultas kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) melaksanakan “ Workshop Aplikasi Manejemen Persuratan, Keuangan dan Logistik Berbasis Teknologi Informasi”. Workshop ini diikuti oleh 40 staf pendidik yang terdiri dari Ketua Jurusan, Ketua Program Studi, Kepala Laboratorium, Kepala UPP, Kepala UPPM dan Kepala KEPK – FKUB serta 80 staf kependidikan yang terdiri dari KTU, Kasubbag dan staf Administrasi unit kerja di lingkungan FKUB. Kegiatan yang dihadiri Dekan dan Para Pembantu Dekan FK tersebut dilaksanakan selama dua hari yaitu pada hari sabtu sampai minggu (29-29/1), bertempat di Nawang Wulan Hall Purnama Hotel, Kota Batu
.
Mewakili Dekan dalam membuka kegiatan tersebut, Pembantu Dekan II FKUB, Prof. Dr. dr. M. Rasjad Indra, MS. menyampaikan, kegiatan ini bertujuan membentuk pola-pikir dalam menyempurnakan sistem manajemen di FKUB, untuk menunjang fungsi kontrol atau pengedalian dan evaluasi kinerja FKUB melalui pemanfaatan teknologi informasi. Gagasan ini timbul karena selama ini di FKUB sering sulit mendapatkan informasi dan laporan yang cepat dan akurat secara tepat waktu, sebab data tidak tersusun secara sistematis dan berupa hard copy saja. Selain itu, untuk menunjang pengambilan keputusan maupun untuk member informasi kepada auditor internal maupun eksternal.

Selanjutnya guru besar bidang ilmu Faal ini menjelaskan, bahwa melalui workshop ini diharapkan seluruh peserta memahami konsep dasar dan  mampu  mengoperasikan program aplikasi komputer manajemen persuratan, keuangan dan logistik yang dikembangkan sendiri oleh staf kependidikan FKUB. Pendekatan ini dilakukan untuk menunjang kelangsungan penerapan teknologi informasi tersebut dalam rangka penyesuaian pada pola sistem manajemen  dan perubahan manajemen di FKUB, “ujarnya”.

Dalam kesempatan tersebut ada dua materi yang disajikan sebagai bahan pendukung, yaitu: 1). Manajemen Persuratan Berbasis Teknologi Informasi yang disampaikan oleh dr. M. Kuntadi SH., MMR, SpOT dan 2). Manajemen Keuangan dan Logistik Berbasis Teknologi oleh  dr. Sri Asri Maharani, MMRS. Kegiatan ini diharapkan menjadi awal proses penyempurnaan sistem manajemen di FKUB yang tahun 2012 direncanakan sebagai “Tahap Diagnosis” dan dilanjutkan dengan “Tahap Terapi” sistem manajemen ditahun 2013 menuju “Sistem Manajemen Sehat” ditahun 2014 yang merupakan terobosan baru untuk lebih mempecepat sirkulasi persuratan dengan mudah dan efisien. (Ang)