Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 14 April 2014 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Sebanyak 150 penduduk lanjut usia (lansia) warga RW III Kelurahan Ketawang Gede Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, antusias mengikuti pemeriksaan dan pengobatan kesehatan gratis yang dilaksanakan di Balai Lansia, Ketawang Gede jalan Kertorahardjo nomor  31, pada Sabtu (12/4) kemarin.

Aryo Dewanto, SE, MM, Ak selaku koordinator lapangan di RW III Ketawang gede mengatakan, kegiatan ini merupakan joint research yang didanai oleh HPEQ yang didukung oleh Fakultas Kedokteran UB dan  Program Magister Manajemen Rumah Sakit (MMRS).

Menurut Sekretaris Prodi S2 MMRS ini, dengan diadakannya kegiatan ini kami bertujuan untuk mengetahui kondisi dan mengontrol kadar gula darah bagi penderita, memberikan penyluhan bagi para kader kesehatan dan warga untuk menjaga dan mengubah pola hidup sehat. Selain itu dalam bidang akademis kegiatan ini bermanfaat promo healthy literacy dan kebiasaan minum obat, harapnya.

Rencananya sosialisasi kesehatan  ini akan berlangsung selama 2 bulan kedepan dengan rutin setelah pemeriksaan ini tim kami akan mendatangi lagi dan mengontrol para warga disini dalam tiap minggunya, jelasnya.

Selanjutnya selain tim medis dalam kegiatan ini kami juga dibantu oleh beberapa staf karyawan, Para Dosen profesi lain, mahasiswa dan para kader kesehatan.

Berdasarkan data yang di berikan oleh Miarsih Tuwining Rahayu selaku  Koordinator Kader Kesehatan RW III, “para partisipan dalam pengmas ini adalah para lansia yang berusia diatas 45 tahun dengan rata –rata di indikasikan hampir sebagian besar masyarakatnya memiliki penyakit diabetes, asam urat, kolesterol tinggi”, katanya.

Ia menambahkan, selama ini kami melaksanakan pemeriksaan dan penyuluhan masyarakat akan kesehatan dibawah pantauan Puskesmas Dinoyo yang dilaksanakan tiap 2 bulan sekali. Selain pelayanan medis dari Puskesmas tim kader kesehatan  kami yang beranggotakan 20 orang ini juga melaksanakan pemeriksaan dan control kesehatan setiap  sabtu di minggu kedua pada tiap bulannya. Tetapi kami mempunyai cara sendiri dalam pendekatan dan upaya peningkatan kesehatan warga kami yaitu sebelum acara seperti ini dilaksanakan biasanya tim kami memberikan pengumuman melalui jamaah tahlil dan perkumpulan Ibu-ibu PKK, ungkap wanita berusia 58 tahun ini.

Lebih lanjut Kader kesehatan yang menjalankan pengabdiannya dalam bidang kesehatan masyarakat selama 32 tahun ini berharap, kerjasama dengan FKUB ini  dapat dilanjutkan kedepannya, karena kami menilai pelayanan yang diberikan ini sangat bagus dan bermanfaat bagi kami warga RW III Ketawang Gede. Sehingga pengetahuan kami akan deteksi dini penyakit dan perawatan lanjutannya dapat lebih mudah dipahami bagi warga kami yang sudah lansia ini.

Kami sering bekerjasama dengan kampus lain dalam pelayanan kesehatan masyarakat tetapi kami senang bekerjasama dengan FKUB dikarenakan para warga kami akhirnya dapat melaksanakan tensi darah, tes gula darah, asam urat dan kolesterol secara langsung dan diberikan arahan dari hasil konsultasi dengan dokter yang terlibat, disamping itu dengan adanya display contoh bahan dan sajian olahan makanan ini masyarakat kami dapat dengan mudah memahami contoh makanan yang boleh dan tidak diperbolehkan bagi penderita penyakit tertentu, sehingga masyarakat bisa mengontrol sendiri dalam menjaga kesehatannya.  (An4nk)