Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 15 Januari 2016 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Anggota riset group Smonagenes Universitas Brawijaya (UB) yg terdiri dari Prof. Fatchiyah, M.Kes., PhD (FMIPA), Dr. Titin Andri Wihastuti, S.Kep., M.Biomed (FK), Dr. dr. Nurdiana, M.Kes (FK) dan Dr. Ir. Gatot Ciptadi, DESS (Fapet) mengikuti pertemuan tingkat Internasional Seoul Conference of Life Science and Biological Engineering (SCLSBE) di Korea Selatan selama tiga hari (5-7/1/2016).

Selain mempresentasikan hasil-hasil risetnya, tim juga melakukan kunjungan ke Korea University. Prof. Fatchiyah yang juga ketua riset group Smonagenes UB telah diminta oleh panitia SCLSBE untuk memimpin sidang dalam bidang Rekayasa Biologi.

Pada seminar ini, Fatchiyah menyampaikan review hasil-hasil riset kelompoknya tentang kajian nutrigenomik pemanfaatan susu kambing peranakan  yang berfungsi sebagai anti-osteoporosis,anti-inflamasi, anti-oksidan, anti-bakteri serta menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Riset ini telah dikaji secara mendalam secara in-vivo dengan hewan coba, in-vitro dengan cell line dan in-silico baik genomik maupun proteomik.

Kajian hasil-hasil riset ini telah dipublikasi di berbagai journal international yang bereputasi sebanyak sepuluh publikasi selama tiga tahun terakhir dan diwujudkan dalam dua buku yang diterbitkan secara nasional berjudul “nutrisional genomik dan proteomik” dan “Prinsip Dasar Bioinformatika”.

Anggota terbaru tim Smonagenes UB, Dr. Titin Andri Wihastuti. S.KP., M.Kes juga terpilih untuk memimpin sidang di bidang Ilmu Hayati. Titin menyampaikan penelitian terbarunya yang membuktikan penghambatan molekul adesi oleh darapladib dalam perkembangan atheroslerosis pada model dislipidemia. Selain telah dipublikasi di salah satu journal international, penelitian tersebut juga mendapat pendanaan PUPT 2015.

Dr. dr. Nurdiana, M.Kes sebagai tim riset interdisipliner farmakogenomik dalam kelompok Smonagenes UB, menyampaikan hasil riset yang diteliti oleh mahasiswa bimbingannya bersama mahasiswa S3 Biologi tentang pemanfaatan alpha-pachoul alkohol senyawa aktif minyak nilam sebagai salah satu bahan obat yang fungsinya mirip dengan obat aspirin. Penemuan ini telah dipublikasi pada salah satu jurnal internasional bereputasi.

Sedang Dr. Ir. Gatot Ciptadi,  DESS, mengutarakan tentang seleksi dini sel telur ternak pembawa genetik unggulan dengan metode terbaru yang telah dikembangkan selama beberapa tahun. [Fatchiyah/Humas UB for Humas FK]