Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 18 Juni 2015 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Tingginya antusias masyarakat yang beragam  untuk mendapatkan informasi yang transparansi jelas dan akurat, dibutuhkan suatu sistem komunikasi yang terarah sesuai dengan kebijakan dari masing – masing penyedia informasi serta didukung SDM yang ditunjuk untuk membantu pengelola dalam menyajikan informasi.

Mengacu pada Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (UU-KIP) nomor 24 Tahun 2008  bahwa, informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional.

Selain itu, bahwa hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.

Sehingga dalam mengembangkan dan menyajikan informasi diperlukan suatu keterangan, pernyataan, gagasan, dan tanda-tanda yang mengandung nilai, makna dan pesan baik data, fakta, maupun penjelasannya yang dapat dilihat, didengar dan dibaca yang disajikan dalam berbagai kemasan dan format sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi secara elektronik maupun non elektronik.

Berdasarkan hal tersebut kebanyakan masyarakat kita saat ini telah memanfaatkan peran teknologi informasi dan komunikasi (website) yang berkembang untuk menemukan banyak hal dan memberikan kemudahan bagi mereka dalam mencari informasi yang diinginkan.

Dalam mencari sumber informasi akurat dan transparan masyarakat kita akan merujuk ke link yang match dan disediakan serta dikemas secara menarik oleh para instansi, institusi, lembaga, perusahaan, maupun organisasi.

Website sebagai salah satu wajah atau garda depan sekaligus corong komunikasi dari para pengelola penyedia informasi, membutuhkan hal yang positif dan komunikatif dalam pengelolaannya. Sehingga dalam perkembangannya membutuhkan banyak hal dan pemikiran dari SDM untuk dapat menampilkan sesuatu yang dapat menarik perhatian dan kejelasan informasi dalam penyampaiannya.

Teknologi informasi pada saat ini semakin berkembang dengan sangat cepat, baik bentuk maupun fungsi-fungsi yang ditawarkan. Sebagai salah satu pelaksana pendidikan dalam bidang kesehatan, teknologi informasi banyak dipergunakan sebagai sarana menyampaikan dan menyebarluaskan informasi, promosi, branding institusi dan komunikasi kepada kelompok sasaran yang luas.

Atas dasar inilah Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) sebagai pelaksana pendidikan ini selalu berupaya mengembangkan Profil dan perkembangan institusi pendidikannya  dalam bentuk website dengan  link www.fk.ub.ac.id yang bisa diamati dan diikuti dari kemajuan informasinya di era berbasis teknologi saat ini.

Website  FKUB merupakan salah satu cara yang banyak digunakan dalam menyebarkan informasi, kegiatan, profil, program, promosi, pelaporan dan capaian-capaian institusi baik untuk pihak internal maupun eksternal.

Keberadaaan website sendiri memiliki fungsi strategis dalam menyebarluaskan informasi dari berbagai macam tingkat fakultas, program studi, dan unit – unit kerja didalamnya. Kualitas website sendiri banyak ditentukan oleh kualitas informasi yang ditampilkan dan disajikan didalamnya. Informasi yang rutin diupdate dengan informasi-infromasi terbaru akan banyak memberikan manfaat bagi banyak pihak.

Dalam pengembangan websitenya FKUB memerlukan suatu bentuk pemahaman dan pelatihan yang bersinergi  serta berkelanjutan dengan memberikan Sosialisasi Website dan Pelatihan Updating Content website dilingkungan FKUB bagi para SDM yang ditunjuk sebagai pengelola pada masing-masing unit kerja.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari ini dilaksanakan pada (15-16/6) di Ruang Laboratorium TIK –FKUB lantai 1 dan  dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan 1 FK Dr. dr. Wisnu Barlianto, SpA (K).

Dalam sambutannya Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama ini menyampaikan, pada hari ini kita akan melaksanakan pelatihan updating content website dimana hal ini merupakan salah satu visi dari Universitas Brawijaya  menuju internasional, website merupakan sebuah keharusan bagi UB dalam beberapa tahun kedepan akan dikenal dikancah internasional, akan tetapi untuk mendukung upaya ini diperlukan suatu kerjasama dalam mengelola website.  Untuk itu semua informasi harus diupload dan disebarluaskan dari masing-masing tiap prodi ataupun unit kerja di lingkungan FKUB.

Dalam website kita dapat menampilkan informasi dalam bentuk berita, laporan staf, informasi kegiatan maupun capaian dan prestasi dari masing-masing unit layanan di FKUB.

Ia menambahkan, selama ini UB berupaya menyeragamkan website dari hasil temuan Audit Internal Mutu (AIM) dan sudah membuat template yang seragam dalam pengembangan websitenya, akan tetapi website sangat penting bagi kemajuan sebuah institusi sejalan dengan adanya upaya, maka diperlukan sinergitas dan SDM yang berwenang untuk mengupdate informasi masing-masing unit kerja.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini masing-masing unit kerja dapat mengembangkan dan mengelola informasi dengan baik dan bersama – sama mengaplikasikannya dalam upaya memajukan FKUB. (An4nk/ Humas FKUB)