Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 8 September 2018 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Menurut World Health Organization (WHO) pada tahun 2020 Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti Diabetes Mellitus, Jantung, Kanker, Paru kronik dan lain-lain  merupakan faktor penyebab kematian sebesar 70 %.

Melihat tingginya angka presentase penyebab kematian tersebut, sangat diperlukan adanya perhatian khusus terhadap pengelolaan asuhan dan perawatan pada penyakit – penyakit kronis tersebut serta terus  mengikuti perkembangannya.

Program Studi Ilmu Keperawatan – Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (PSIK – FKUB) sebagai salah satu sentral pendidikan dalam bidang keperawatan yang juga menjalankan fungsi Tri dharma perguruan tinggi, merasa perlu ikut serta dalam upaya memperbaiki kualitas lulusannya dengan membekali keterampilan- keterampilan  khusus. Oleh karena itu diperlukan sebuah wadah atau kegiatan berbagi pengalaman dengan beberapa ahli dibidang –bidang tersebut.

Keperawatan sebagai salah satu  profesi dibidang kesehatan, dituntut untuk mengembangkan keilmuannya sebagai wujud kepeduliannya dalam meningkatkan kesejahteraan umat manusia baik dalam tingkatan preklinik maupun klinik.

Untuk dapat mengembangkan keilmuannya maka keperawatan dituntut untuk peka terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungannya setiap saat. Hal tersebut juga tidak terlepas dari adanya berbagai perubahan tersebut, seperti teknologi alat kesehatan, variasi jenis penyakit dan teknik intervensi keperawatan. Adanya berbagai perubahan yang terjadi akan menimbulkan berbagai trend dan isu yang menuntut peningkatan pelayanan asuhan keperawatan.

Kegiatan ini dikemas dalam “The 4th  International Conference in Nursing (ICON) 2018” dengan tema “INNOVATION AND FUTURE DIRECTION IN CHRONIC CARE NURSING: UTILIZATION OF RESEARCH AND TECHNOLOGY IN CLINICAL PRACTICE”  yang dilaksanakan selama 2 hari yakni pada Sabtu s.d. Minggu (8-9/9/18) di Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya.

Dalam kegiatan ini dihadirkan beberapa narasumber / pemateri antara lain :

1.         Assoc Prof Julian Grant, PhD, MACN (Flinders University Australia)

2.         Jennifer Joy Olivar, PhD (St Paul University Manila, Filipina)

3.         Assoc Prof Dr Soh Kim Lam (Universiti Putra Malaysia)

4.         Assoc Prof Waraporn Kongsuwan (Prince of Songkla University, Thailand)

5.         Ns Suryanto, M.Nurs, PhD (Jurusan Keperawatan FKUB)

6.         Direktur BPJS Kesehatan Indonesia* (dalam konfirmasi)

Dan dalam ICON ke 4 kali ini rincian materi adalah sebagai berikut:

1.         Mixed method research in chronic care research

2.         Chronic care in clinical nursing practice

3.         Chronic care nursing in community and pre hospital settings

4.         Pengembangan system pembiayaan pasien penyakit kronis

5.         Ethical issues in chronic care delivery

6.         Advanced technology for chronic care

Peserta dalam kegiatan ini adalah Dosen, mahasiswa, praktisi kesehatan dari dalam dan luar negeri dengan target sekitar 400 orang peserta.  Sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan yang telah dilaksanakan keempat kalinya ini  adalah Terlaksananya konferensi internasional dan presentasi tulisan ilmiah oleh para akademisi dan praktisi keperawatan baik dari dalam negeri maupun luar negeri, Tersosialisasinya materi-materi terkini mengenai perkembangan perawatan penyakit kronik, dan Tersampaikannya tulisan-tulisan ilmiah dari para akademisi dan praktisi keperawatan dalam rangka memperkuat pelayanan penyakit kronik.  (Humas FKUB)