Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 8 November 2015 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Impian Fakultas Kedokteran – Universitas Brawijaya (FKUB) yang ingin memiliki  gedung sentral pendidikan yang diklaim terpanjang dan terbesar untuk pertama kalinya di dalam kampus Universitas Brawijaya (UB), ditargetkan akan selesai tahap pembangungan strukturnya pada awal bulan Desember 2015.

PT. NINDYA KARYA (Persero) Divisi IV selaku kontraktor telah bekerja dengan optimal untuk membangun tahap I struktur pembangunan gedung 10 lantai dengan menunjukkan prestasi kerjanya dalam minggu ke 23 dengan prosentase 89,086%.

Dekan FKUB Dr. dr. Sri Andarini, M.Kes, selaku Penanggung Jawab Pembangunan Gedung menegaskan, tahap I pembangunan gedung ini sesuai kontrak kerjanya adalah selama 200 hari kalender (yang dimulai pada 29 Mei dan berakhir pada  14 Desember 2015).

Selanjutnya, Saat ini waktu sudah berjalan selama 160 hari masih ada waktu selama 1, 5 bulan lagi untuk penyelesaiannya. Semoga pembangunan proses finalisasi dengan ditandainya topping off Ceremony (pemasangan atap) gedung dengan Lebar 25,00 m²  dan Panjang 98,2 m² ini dapat berakhir dengan baik, berkualitas dan tepat waktu,  tambah mantan PD I FKUB ini.

Selain di FKUB kami juga sedang membangun Gedung Pendidikan Terpadu di RSUD Dr. Saiful Anwar Malang dengan Lebar 15 m² Panjang 38 m²  9 Lantai Pekerjaan (lt. 1 s/d Lt. 9) dengan kontrak pembangunan tahap I selama 150 hari (31 Juli s/d 28 Desember 2015). Dan gedung ini sudah menunjukkan prestasi kerjanya dengan prosentase mencapai 57, 070 % pada minggu ke – 14.

Dekan FK-UB juga menambahkan, tahun ini FK  memang fokus pada pembangunan fisik namun tetap meningkatkan prestasi dalam bidang akademik. “Tahun ini Program Magister Ilmu Biomedik mengajukan akreditasi ke ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA), dan tahun depan disusul Program Studi Pendidikan Dokter. Semoga dengan adanya pembangunan gedung baru ini, FK-UB semakin bersemangat untuk menjadi lebih baik,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Rektor UB, Prof. Dr. Ir. M. Bisri, MS  juga mengapresiasi dengan berterimakasih atas kerja keras dan prestasi yang sudah dibuktikan oleh PT. Nindya Karya (Persero) dalam pembangunan Gedung Pendidikan Bersama FK-UB yang dibangun dengan teknologi canggih dan jangka waktu melampaui target ini. Ia menyampaikan, penambahan gedung di UB juga menambah aset negara.

UB saat ini memang sedang gencar melaksanakan pembangunan fasilitas dan sarana prasarana. Kenapa kami ingin menambah asset negara? Karena kami ingin membuat negara ini kaya dengan asset yang kami pikir dana negara tidak dihabiskan sia-sia dalam kegiatan aktifitas saja, tegas manta Dekan FT UB ini.

Selanjutnya Ketua Tim Teknis Pembangunan Dr. Ir. Asad Munawir, MT memaparkan bahwa proyek ini mengalami perkembangan baik, tinggal melanjutkan finishingnya.

“Prestasi di atas target ini merupakan hasil kerjasama antara kontraktor, pengawas, konsultan pembangunan, dan tim teknis pembangunan yang bekerja 24 jam setiap hari. Diharapkan akhir November pembangunan bisa selesai,” ujar As’ad.

Gedung Pendidikan Bersama FK-UB ini dibangun 11 lantai dengan tinggi total 64 meter, lebar 25 meter, dan panjang 98 meter, yang merupakan bangunan terpanjang di UB. Struktur dibangun dengan spesifikasi kualitas bermutu tinggi. (An4nk)