Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 30 Juni 2014 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Dalam rangka implementasi Program Hibah Kompetensi Universitas Brawijaya (UB), Laboratorium Sentral Biomedik dan Program Magister Ilmu Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB), menyelenggarakan Sosialisasi Sistem Manajemen Laboratorium Medis dan Klinis ISO 15189:2012 yang diikuti oleh para Kepala Laboratorium dilingkup FK. Kegiatan ini dilaksanakan pada kamis (26/6) di lantai 1 Graha Medika FKUB.

Dalam laporannya Dr. rer. nat. Tri Yudhani, M. R. MApp, Sc selaku Kepala Laboratorium Sentral Biomedik mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk sosialisasi dan mempercepat pelaksanaan program sertifikasi bagi laboratorium kita. Saat ini di Indonesia baru ada 1 laboratorium yang tersertitikasi SNI ISO 15189:2012 ini yakni Universitas Hasanuddin (Unhas) Makasar dan UB menjadi universitas kedua di Indonesia yang akan melaksanakan setifikasi pad ISO serupa.

Dalam mempersiapkan ISO kita memerlukan kerja yang ekstra diluar pekerjaan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Demi merealisasikan tujuan untuk meningkatkan kualitas laboratorium maka kita juga membutuhkan keterampilan, manajemen yang baik serta soft skill yang berkualitas, dengan begitu upaya kita untuk menghasilkan dan mensukseskan program ISO kedepan akan mendapatkan hasil yang memuaskan dan mendapat standarisasi Internasional.

Sementara itu pembantu Dekan I FKUB, Dr. dr. Sri Andarini, M. Kes dalam sambutannya menyampaikan, program upaya sertifikasi laboratorium ini sangat penting. Kita memerlukan standart lab yang berkualitas untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi mahasiswa kita (S1, S2 dan S3). Terutama bagi para mahasiswa kita di program Doktor (S3) jika laboratorium kita belum tersertifikasi maka untuk mencapai publikasi di Jurnal Internasional sangat membutuhkan sebuah lab yang tersertikasi.

Pada kegiatan ini panitia mengahdirkan dua pembicara yaitu Drs. Sugiono dan Asep Rahmat Hidayat, S.T, M. Si yang berasal dari Puslit Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian – LIPI (An4nk)