Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 13 Oktober 2014 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Program Hibah Kompetensi (PHK) Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) melaksanakan Site Visit Peer Review 2 professor yakni Prof. Janet Grant dan Prof. Dame Lesley Southgate dari St. George London United Kingdom (UK).

Kegiatan yang mengambil tema “International Recognition for Medical Education Program” ini dilaksanakan selama 6 hari yakni pada Selasa- Minggu (30/9-5/10). Dengan agenda melakukan pengkajian kurikulum standart pendidikan dokter di FKUB serta kunjungan langsung pada lahan praktek mahasiswa di RSSA dan beberapa puskesmas dan rumah sakit jejaring lainnya.

Kegiatan ini dilatarbelakangi Standar WHO-WFME Guidelines for Accreditation of Basic Medical Education (Geneva/Copenhagen 2005) merupakan standar yang digunakan sebagai dasar proses akreditasi Internasional. Telah dilakukan policy study untuk Penyiapan dan pelaksanaan ED dan Penjaminan Mutu berstandar WFME dengan tujuan untuk penyesuaian perubahan dari SPMI UB ke Penjaminan Mutu berstandar WFME.

Kegiatan di tahun 2011 menghasilkan dokumen Standar Mutu Penjaminan Mutu yang sesuai dengan Standar WFME. Di tahun 2012, kegiatan di atas ditindak lanjuti dengan kegiatan Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu (Quality Assurance) Pendidikan sesuai dengan Standar Internasional (WHO-WFME) menuju rekognisi internasional yang dikerjakan dalam 2 kegiatan yaitu pertama dilakukan kegiatan penyiapan rekognisi internasional dikerjakan pada th 2012 melalui aktivitas pendampingan pembuatan standar penjaminan mutu secara online dan aktivitas kedua berupa Lokakarya Simulasi Implementasi Standar Penjaminan Mutu Internasional dan mekanisme audit sesuai standar WFME.

Dari kedua aktivitas tersebut telah berhasil disusun Standar Penjaminan Mutu Internal PSPD yang telah mengadaptasi standar WFME dan berbagai standar Pendidikan Nasional. Pada tahun 2012 juga telah dilakukan pilot implementasi standar pada penyelenggaraan bisnis utama (Core business) PSPD yaitu kegiatan belajar mengajar dengan Kurikulum berbasis Kompetensi (KBK). Sebagai komitmen untuk mencapai KPI PHK PKPD untuk mendapatkan rekognisi Internasional, maka pada penghujung implementasi PHK PKPD, akan dilakukan aktivitas peer review terhadap implementasi standar melalui kegiatan Desk Evaluation dan audit eksternal dari implementasi standar WFME yang telah diadaptasi dengan situasi dan kondisi FKUB. (an4nk)