Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 2 Agustus 2013 , oleh angga

Audit Internal Mutu (AIM) merupakan kegiatan spesifik yang dilakukan secara sistematis, berkelanjutan dan independen. Kegiatan ini bermaksud untuk menakar sejauh mana implementasi terhadap standar mutu yang telah ditetapkan telah dilaksanakan oleh auditee. Lebih jauh, dengan AIM dapat dianalisis kesesuaian antara dokumen-dokumen mutu terhadap penerapannya dalam sistem akademik, keuangan, sarana-prasarana dan administrasi lainnya.

Hasil dari pelaksanaan AIM di masing-masing Program Studi, Laboratorium atau Unit Kerja adalah Borang Daftar Temuan yang berisi Ketidak sesuaian (KTS) dan Observasi /Saran (OBS). Tindak lanjut dari Borang daftar temuan dari masing-masing unit ini dilaporkan ke Fakultas melalui GJM FKUB. Selanjutnya, Tim GJM akan menganalisis daftar temuan tersebut dan dilaporkan ke Pimpinan untuk ditindaklanjuti. Proses ini merupakan bagian dari tinjauan manajemen yang dilakukan FKUB setiap tahun.

Evaluasi terhadap analisis borang daftar temuan ini akan menjadi salah satu dasar dalam menentukan garis kebijakan Pimpinan untuk mengarahkan dan menindaklanjuti poin-poin hasil temuan. Beberapa tindaklanjut yang dilakukan adalah memperbaiki, melengkapi, menyelesaikan, membuat dokumen dan menyediakan data dukungnya.