Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 25 April 2012 , oleh angga , pada kategori Berita

foto_simposium_nyeriSabtu (14/4) Program Spesialis Pendidikan Dokter (PPDS)- Anestesi dan Terapi Intensif Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) – RSSA, melaksanakan symposium nyeri bagi para dokter umum dan dokter spesialis dengan tema “Update In The Pathogenesis and Treatment of Pain”. Kegiatan yang dilaksanakan selama sehari ini dipusatkan diruang Majapahit, Lantai 3 Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar Malang.

Dr. A. Andyk Asmoro,SpAn selaku Ketua Pelaksana menjelaskan, tema yang diambil dalam simposium ini adalah “Update In The Pathogenesis and Threatment of Pain” yang diselenggarakan oleh Indonesian Pain Society (IPS) yang diharapkan IPS cabang Malang untuk memberikan pendidikan berkesinambungan kepada dokter umum dan dokter spesialis tentang Nyeri, “ujarnya”.

Menurutnya, Nyeri merupakan perasaan tidak nyaman secara ensoris maupun secara emosional yang berkaitan dengan kerusakan jaringan aktual maupun potensial atau juga bisa diartikan sebagai menggabungkan konsep tradisional bahwa nyeri mencerminkan pengalaman sensorik, namun juga terdapat komponen afektif dan kognitif, “jelasnya”.

Selanjutnya, pada acara symposium Nyeri kali ini IPS Cabang Malang menghadirkan beberapa pembicara dari beberapa ahli dan bidang masing-masing seperti bidang farmakologi, anestesiologi, neurologi, orthopaedy, rheumatolog dan rehab medik. Dengan diadakannya Simposium Nyeri ini diharapkan agar beberapa penyakit yang tadinya sulit dipahami patofisiologinya akhirnya dapat terkuak dengan pendekatan beberapa disiplin ilmu, sehingga penata laksanaannya lebih rasional dan lebih memberi harapan mulai dari nyeri akut sampai nyeri kronik yang sering ditemui di masyarakat.

Para pembicara pada Simposium Nyeri ini antara lain: 1). Dr. dr. Setyawati Karyono, M. Kes – (Patogenesis, Mekanisme dan Farmakologi Obat Nyeri), 2). Dr. Shahdevi nandar. K. SpS – (Nyeri Neuropati), 3). Dr. A. Andyk Asmoro, SpAn (Nyeri Akut), 4). Dr. Eko Nugroho, SpRM – (Nyeri Muskuloskeletal), 5). Dr. Thomas CJ, SpOT – (Nyeri Punggung Bawah), 6). Dr. M. Dalhar, SpS(K) – (Nyeri Kepala). (Ang)