Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 9 Maret 2015 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Dalam rangka  mempersiapkan akreditasi 16 program studi di Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) pada tahun ini, Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK-UB) menyelenggarakan Sertifikasi Auditor Internal Angkatan XXXVII PPDS. Kegiatan ini digelar selama tiga hari (4-6/3) di Auditorium FK-UB lantai enam.

Sebanyak 35 peserta dari seluruh PPDS mengikuti sertifikasi ini, Ungkap ketua panitia dr. Himawan Wahyu S. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Pusat Jaminan Mutu (PJM) UB, pada kali ini ini TKP PPDS yang bekerjasama dengan GJM Fakultas Kedokteran UB menyelenggarakan kegiatan sertifikasi ini untuk memenuhi kompetensi dosen di FK yang disiapkan untuk menjadi auditor internal di lingkungan UB sebagai bagian dari sistem penjaminan mutu.

” Kami berharap dengan adanya kegiatan yang dilakukan selama 3 hari kedepan akan lebih bisa mempersiapkan para auditor dapat secara mandiri melakukan audit internal sehingga 16 PPDS tersebut mendapat nilai akreditasi yang baik, dan ” ungkap Himawan.

Sementara itu, Sekretaris TKP PPDS, Dr. dr. Arsana Wiyasa, SpOG (K) mengatakan, hal yang melatar belakangi dilaksanakannya kegiatan ini adalah jumlah prodi PPDS yang sangat besar yakni 16 program spesialis, pada tahun 2015 ini banyak prodi spesialis dari kita yang akan melaksanakan akreditasi, tegasnya.

Dokter ahli kandungan ini menambahkan, Sertifikasi ini sangat penting sebagai upaya mempersiapkan hal tersebut, dimana tujuan kami menyelenggarakan ini sebagai langkah untuk melaksanakan penjaminan mutu internal.

Bertambahnya auditor internal dari lima menjadi 35 orang, diharapkan Dekan Dr. dr. Sri Andarini, M.Kes dapat meningkatkan posisi FK dalam pemenuhan standar mutu UB.

Pada hari pertama sertifikasi ini dilakukan pre test dan psikotes, pemberian materi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di perguruan tinggi oleh Dr. Eng. Herman Tolle, S.T.,M.T., Standar Mutu UB (Dr. dr. Loeki Enggar Fitri, M.Kes., Sp.ParK), Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) Model Lembaga Akreditasi Mandiri PT Kesehatan (LAM-PTKEs) (Dr. Dr. Setyawati Soeharto, M.Kes), Implementasi SPMI di UB (Prof. Dr. Ir. Hartutik, MP) serta Kompetensi dan Etika Auditor (dr. Machlusil Husna, Sp.S).

Sedangkan di hari kedua dan ketiga dilakukan latihan Desk Evaluation Audit Internal menggunakan document sample, persiapan simulasi visitasi audit internal, simulasi visitasi audit internal menghadirkan auditee, diskusi hasil latihan audit internal, post test, evaluasi pelatihan, dan pembagian sertifikat. [Irene/An4nk]