Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 10 Desember 2013 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

seminar s2 kebidanan

Bidan memberikan pelayanan kebidanan yang berkesinambungan dan paripurna, berfokus pada aspek pencegahan, promosi dengan berlandaskan kemitraan dan pemberdayaan masyarakat bersama – sama dengan tenaga kesehatan lainnya.

Dengan melihat peranan bidan yang besar, maka sangat diperlukan tenaga profesional dalam bidangnya. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Program Studi S2 Magister Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) Dr. dr. Nurdiana, M. Kes dalam laporannya pada Seminar Teaching And Practice Profesionalism in Midwifery yang dihadiri oleh mahasiswa Magister Kebidanan FKUB dari 3 angkatan (2011,2012,2013). Dengan jumlah peserta sebanyak 119 orang serta segenap staf dosen S2 Kebidanan FKUB.

Ia menuturkan berbagai usaha terus dilakukan untuk menghasilkan tenaga bidan yang profesional dan meningkatkan profesionalisme bidan baik secara formal maupun informal.  Oleh karena itu, upaya tersebut juga dilaksanakan oleh Program Studi Magister S2 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya salah satunya dengan memberikan mata kuliah tentang metode mengajar untuk menjaga profesionalisme bidan, terangnya.

Dengan semakin besar tuntutan peningkatan profesionalime tersebut maka pemberian mata kuliah profesionalisme Bidan masih dirasakan kurang, sehingga perlu melibatkan pihak – pihak terkait diluar mahasiswa program studi magister kebidanan  FKUB.
Kegiatan ini diharapkan memberi manfaat bagi Bidan dalam mengkombinasikan metode mengajar dan bagaimana contoh praktek profesi kebidanan, memberikan gambaran tentang tenaga – tenaga bidan yang profesional dibidangnya, selain itu seminar ini diharapkan mampu menjadi acuan langkah – langkah yang perlu dilakukan untuk meningkatkan dan mencetak tenaga Bidan yang profesionalisme, harapnya.

Dalam kegiatan seminar ini dihadirkan 3 pembicara seperti dr. Andi Ansharullah, DAAK dengan tema “Teaching in professionalism midwifery” , Bu Endang Sri Resmiati, SH, SST, MMKes (Ketua IBI Jatim) dengan tema “Best practice professionalism midwifery”, dan Dr. Sutrisno, SpOG (K) dengan tema “Peran Bidan di Era BPJS”. (an4nk)