Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 31 Oktober 2012 , oleh angga , pada kategori Berita

Aging adalah masalah yang ditakuti oleh kebanyakan orang. Aging atau penuaan adalah proses bertambah tua atau menunjukkan tanda-tanda semakin tua. Untuk itu, dibutuhkan pengetahuan mengenai proses yang selalu dialami oleh setiap manusia. Inilah yang mendasari diadakannya Seminar Gizi :Stay Young and Healthy With Anti Aging Diet yang diselenggarakan oleh Organisasi Mahasiswa Gizi dan Kesehatan (ORMAGIKA), Fakultas Kedokteran, Universitas Brawijaya.

Kegiatan yang dibuka oleh Pembantu Dekan III FK UB  ini diikuti oleh 400 peserta dan dilaksanakan pada Minggu (30/9) di Gedung Graha Medika, FK UB. Ketua Pelaksana Seminar Gizi, Eridha Ayu Triwardhani, menyatakan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk mengedukasi masyarakat khususnya mahasiswa gizi mengenai diet anti-aging. “Anti aging tidak hanya seputar masalah kulit, namun juga mengenai masalah kinerja organ tubuh. Seringkali ditemukan seseorang baru berusia sekitar dua puluhan tahun tetapi fungsi organnya sudah seperti usia tiga puluh tahun”, ujarnya. Ia juga menambahkan bahwa selain mengenai penampilan, anti aging diet juga mempengaruhi bagaimana kinerja organ tubuh.

Seminar ini dipandu oleh Martalena Br. Purba MCN.,Ph.D., (Ketua II Asosiasi Institusi Pendidikan Gizi Indonesia); dr. Phaidon Lumban Toruan., MM, (seorang praktisi hidup sehat) serta bintang tamu Arzetti Bilbina Setiawan, (model serta bintang iklan kondang).
Dalam paparannya, Martalena menjelaskan tentang penyebab penuaan. “Penuaan disebabkan karena beberapa faktor, yaitu keturunan, hilangnya massa sel, akumulasi sisa-sisa metabolism serta adanya perubahan struktur jaringan ikat”, jelasnya.

Sedangkan dr. Phaidon menjelaskan bahwa aging atau penuaan pada dasarnya dapat diperlambat. “Anti aging merupakan bentuk pengobatan yang didasari pada deteksi dini, pencegahan dan pembalikkan penyakit pada umur tertentu. Anti aging bukan berarti membalikkan takdir”, ujarnya. Anti aging, menurut dokter ini merupakan cara untuk mencegah, memperlambat penuaan dini dan membantu manusia untuk hidup lebih sehat, lebih lama dan lebih bahagia.

Cara yang paling mudah, masih menurut dr. Phaidon, mencegah penuaan adalah dengan mengganti karbohidrat simpel seperti nasi putih menjadi karbohidrat kompleks seperti nasi merah, konsumsi buah tiga kali sehari, tidak mengkonsumsi makanan yang digoreng, serta rutin berolahraga.

Sementara Arzetti, dalam sesi talkshow memberikan beberapa tips diet anti aging, yaitu dengan pola makan berimbang, niat dan tekad yang kuat, olahraga dan beraktifitas, tidur cukup serta melakukan apa yang kita senangi. [Ang]