Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 1 Juni 2017 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Salah satu kegiatan yang mempunyai  nilai positif dan  rutin dilaksanakan oleh Sivitas Akademika Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya dalam menyambut Bulan suci Ramadhan adalah Sholat Dzuhur berjamaah.

Kegiatan yang dilaksanakan di Musholla Nurus Syifa Lantai 1 di, Gedung Pendidikan Bersama (GPB) (Gedung Baru) FKUB ini diikuti oleh Jajaran Pimpinan, Staf Pendidik dan Kependidikan serta para mahasiswa dilingkup FKUB.

Wakil Dekan 1, Dr. dr. Wisnu Barilanto, MSi, Med., SpA (K)  dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada siang ini kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak – Ibu serta para mahasiswa seluruh keluarga besar Sivitas Akademika Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.

Hadir sebagai penceramah dr. H. Subandi, M.Kes, DAHK dengan tema “Puasa Kaitannya Dengan Kesehatan”. Menurutnya,  Ulama pada jaman dahulu begitu akan menjelang puasa ramadhan, telah mempersiapkan diri jauh – jauh hari, sekitar 6 bulan sebelumnya dan 2 bulan sebelumnya sudah berdoa di dalam bulan Rajab dan Sya’ban supaya mendapatkan keberkahan dalam menjalankan ibadah puasa dalam bulan suci ramadhan, tuturnya.

Ditambahkan oleh Mantan Dosen Anantomi ini bahwa seorang ahli Ananopathy yakni Dr. Henry Chang  yang berhasil mengembangkan tanaman organik  dengan luas wilayah sebanyak 4 bukit di Amerika telah menulis Buku yang berjudul “ Makanan Organik Hidup Sehat dengan Kembali ke Alam”, dan dia telah membuktikan kepada dunia bahwa manusia yang makan dengan bahan makanan organik tanpa polusi dan pengawet bisa berumur panjang, tegasnya.

Tetapi ia mulai mencari referensi hal yang tepat untuk kesehatan dan ia menemukan dan meneliti puasa merupakan keutamaan yang jauh lebih mendasar untuk memperoleh kesehatan yang prima, hal ini telah terlebih dahulu di wajibkan bagi umat islam dan sangat sesuai dengan ajaran islam sejak 1400 tahun yang lalu.

Berapa kira-kira lama puasa yang bagus untuk kesehatan? Paling tidak dalam 1 bulan minimal kita berpuasa selama 4 hari yakni 1 hari puasa pada tiap minggunya. Hal tersebut sangatlah  sesuai dengan sabda Rasulullah yang mensunnahkan puasa dalam satu bulan paling tidak 3 hari, lebih bagus lagi kalau puasa dalam 1 minggu 1 hari sama dengan puasa 4 hari dalam 1 bulna atau bila mampu pada tiap minggu 2 x puasa (senin kamis) sehingga berjumlah 8 hari per bulan,  ungkap dr. Bandi.

Selanjutnya, dr. Bandi menambahkan Kalau dilihat dari sisi Al Qur’an kita akan mengetahui  kenapa kita harus menahan hawa nafsu dengan berlapar-lapar adalah karena itu bentuk keimanan dan ketaqwaan kita terhadap Allah SWT.

Dengan puasa kita percaya bahwa ada pahala besar yang diberikan oleh Allah di bulan suci yang penuh berkah dan ampunan ini yang menjadi sebuah tolak ukur ketaqwaan seseorang untuk mengerjakan segala perintah dan menjauhi segala laranganNya.

Keimanan kita diuji oleh Allah SWT karena sebagian besar orang mempu menjauhi larangan akan tetapi tidak mampu menjalankan perintahnya begitu juga sebaliknya.

Ramadhan merupakan bulan yang sangat baik dimana kita harus mampu instrospeksi diriagar mampu menjadi manusia yang bertaqwa akan tetapi karena ini bulan baik hendaknya kita semua menjalani bulan puasa ini dengan kegiatan positif seperti Infaq, sedekah, berbuat dan berkata baik dan lain-lainnya yang semata-mata hanya untuk mencari ridho Allah SWT.

Keistimewaan Bulan Ramadhan juga merupakan bulan istimewa, dikarenakan pada bulan tersebut kitab suci Al-Qur’an diturunkan oleh Allah sebagai pedoman hidup umat manusia.

Saya berpesan berdoalah dengan khusyu’ terutama saat takjil (menjelang adzan maghrib dan berbuka puasa) karena pada waktu tersebut adalah waktu terbaik untuk berdoa dan meminta kebaikan yang akan menentramkan hati kita semua.

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya juga menghimbau kepada seluruh umat muslimin dan muslimat sivitas akademika FKUB untuk mengikuti sholat Dzuhur berjamaah yang dilaksanakan setiap hari Senin – Kamis pada Pukul 12. 00 WIB – selesai di Mushollah Nurus Syifa di Gedung Syifa Lantai 1 di, Gedung Pendidikan Bersama (GPB) (Gedung Baru) dan dilanjutkan dengan Kultum.  (An4nk – Humas FKUB)