Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 30 Juli 2015 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Program Studi Magister Ilmu Biomedik – Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (PMIB – FKUB), saat ini sedang mempersiapkan dan menyusun Borang  akreditasi. Hal ini dilakukan sebagai upaya dalam  rangka mendukung Komitmen UB untuk “go International” melalui langkah – langkah strategis dan beberapa persiapan serta kerja keras agar upaya internasionalisasi dapat segera terwujud.

Oleh karena itu diperlukan adanya suatu kegiatan yang dapat menunjang persiapan internasionalisasi melalui sertifikasi ASEAN University Network – Quality Assurance (AUN  – QA) dan pelaksanaan akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN – PT).

S2 Biomedik yang beberapa waktu lalu telah mendapatkan Akreditasi A dari BAN – PT pada tahun 2016 nanti direncanakan akan melaksanakan akreditasi dari  BAN- PT kembali sekaligus mempersiapkan diri akreditasi AUN QA.

Dalam mendukung upaya ini Prodi S2 Biomedik FKUB menyelenggarakan kegiatan “Lokakarya Penyusunan Borang Akreditasi BAN PT Program Magister Ilmu Biomedik (PMIB) untuk Menunjang Sertifikasi Internasional  AUN –QA”  yang dilaksanakan pada Rabu – Jum’at (29-31/7) dan dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FKUB Dr. dr. Wisnu Barlianto, SpA (K).

Dalam sambutannya Wakil Dekan I FKUB menyampaikan,  bahwa pada saat ini  akreditasi merupakan suatu hal yang sangat penting bagi sebuah institusi. Dimana saat ini seluruh Pimpinan UB saat ini sedang fokus mendukung seluruh prodi dalam proses menuju internasionalisasi AUN – QA.

PMIB ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi prodi lain, pimpinan akan siap membantu untuk segala kebutuhan dan fasilitas seluruh prodi dalam mempertahankan akreditasi ini, harapnya.

Sementara itu Wakil Dekan II FKUB Dr. dr. Loeki Enggar Fitri, SpPARK yang  sekaligus mantan Sekretaris Prodi PMIB juga menambahkan,  Kegiatan ini bertujuan untuk menyusun borang akreditasi , dokumen pendukungnya dan evaluasi diri sebagai persiapan akreditasi oleh BAN – PT tahun 2016 nanti.  Diharapkan dari kegiatan ini akan terbentuk borang yang siap dinilai oleh BAN-PT sehingga PMIB-FKUB dapat mempertahankan nilai akreditasi A dan dapat menjadi dokumen pendukung untuk sertifikasi AUN-QA.

Selanjutnya, pada saat 2015 prodi  Magister Ilmu Biomedik mendapatkan dana hibah PHK –PKD UB bersama dengan 2 program studi lainnya di FK yakni PS. Farmasi dan PS S2 MMRS. Dan dana hibah tersebut dimanfaatkan oleh PMIB untuk terus mengembangkan program dalam  bentuk lokakarya sebagai langkah untuk mencapai tujuan dan kesepakatan bersama.

Beberapa langkah dan kegiatan untuk mendapatkan sertifikasi nasional ini dapat dipergunakan sebagai jembatan menuju sertifikasi internasional  yang dirancang secara lebih lengkap (comprehensif) cakupannya, tepat sasaran dan dapat mempresentasikan borang PMIB, dokumen pendukungnya dan evaluasi diri secara obyektif. Dalam kegiatan ini juga dibentuk tim lokakarya yang bertugas untuk menysun borang, dokumen pendukung dan evaluasi diri dalam upaya  peningkatan kualitas data dukung akreditasi oleh BAN –PT.

Sebagai hasil akhir, out put dari kegiatan ini digunakan untuk menyusun borang akreditasi PMIB oleh BAN-PT tahun 2016 dan keluaran lainnya data borang ini digunakan juga untuk melengkapu dokumen SAR AUN –QA, jelasnya. (AN4nk/Humas-FKUB)