Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 17 Mei 2013 , oleh angga , pada kategori Agenda Kegiatan

Reumatik dan nyeri merupakan masalah yang paling banyak dijumpai baik ditempat praktek maupun di rumah sakit. Meskipun telah diperoleh banyak kemajuan dalam pengetahuan tentang mekanisme penyakit reumatik dan nyeri, banyak penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar penderita tak mendapat pengobatan yang secukupnya untuk mengatasi keluhan mereka. Lebih lanjut sekarang juga makin disadari bahwa diagnosis dan penatalaksanaan nyeri akut karena trauma, penyakit keradangan dan reumatik memerlukan perhatian yang lebih besar.

Dalam masa sepuluh tahun terakhir telah banyak dicapai kemajuan baik dalam obat-obatan untuk mengatasi penyakit reumatik (termasuk obat-obat biologik) maupun dalam obat anti nyeri reumatik. Hanya dengan pemahaman yang baik tentang patogénesis penyakit rematik dan nyeri serta  mekanisme kerja obat-obat tersebut maka dokter dapat mengharapkan hasil pengobatan yang lebih  baik.

Pertemuan ilmiah tentang reumatik dan nyeri ini akan mengupas apa yang perlu diketahui oleh dokter umum maupun spesialis tentang  patogenesis penyakit reumatik autoimun, mekanisme nyeri, faktor-faktor apa yang berperan dalam proses tersebut dan cara-cara terbaru dalam penatalaksanaan penyakit tersebut. Penyakit rematik autoimun dan obat-obat biologik yang terkait akan dibahas secara komprehensiv. Akan dibahas juga tentang osteoartritis dan osteoporosis serta konsekwensi fisiologis nyeri, cara-cara untuk mengatasi secara komprehensif termasuk obat-obat yang dapat dipergunakan untuk mengatasi nyeri reumatik.
Setelah mengikuti forum ini para peserta diharapkan dapat mempunyai kompetensi yang diperlukan untuk penatalaksanaan pasien reumatik dan nyeri dengan sebaik-baiknya.

Biaya :
Symposium
- Spesialis : Rp. 1.250.000,-
- Umum/Resident : Rp. 1.000.000,-
- Dokter Muda : Rp. 500.000,-

Workshop : Rp. 1.000.000,-
Dokter Muda : Rp. 500.000,-