Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 28 September 2015 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Dalam rangka merayakan Idul Adha 1436 H yang dilaksanakan pada Kamis (24/9), Panitia Hari Besar Islam Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB)  telah mengumpulkan  dan menyalurkan sebanyak 7 ekor Sapi dan 11 Ekor Kambing  hasil  sumbangan dari sivitas akademika FKUB sebagai hewan kurban kebeberapa tempat.

Dalam laporannya Ketua Pelaksana dr. Bambang Prijadi, MS mengatakan, kegiatan rutin yang dilaksanakan pada tiap tahunnya ini, panitia telah mendata secara kolektif para penyumbang hewan kurban dan mendistribusikan hewan kurban keberapa tempat seperti Rumah Sakit Islam, Masjid, Musholla, Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah, Panti Asuhan dan Yayasan Pembinaan Anak cacat.

Selanjutnya, Ia menambahkan pada kali ini hewan kurban akan kami serahterimakan 3 ekor sapi kebeberapa tempat dengan rician sebagai berikut: 1 ekor Sapi disalurkan ke Masjid Al –Ikhlas jalan raya Kelampok RT. 03 RW 04, Kecamatan Singosari, 1 ekor sapi disalurkan ke langgar Sunan Bonang, Dusun Ketapang, Desa Sukoharjo, Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang, dan 1 ekor sapi disalurkan ke Rumah Sakit Islam Aisiyah Malang,  sedangkan 4 ekor sapi lainnya akan disembelih dan diperuntukkan bagi keluarga besar sivitas akademika FKUB dan warga sekitar, dan 1 ekor Sapi disembelih dan akan disalurkan kepada yang berhak secara langsung oleh organisasi kerohanian islam mahasiswa FKUB.

Sedangkan Penyaluran 15 Hewan Qurban Kambing dibagikan kebeberapa tempat seperti : 1 Ekor Kambing akan di salurkan kepada “SDN Tlogomas 1” Malang, 1 Ekor Kambing akan di salurkan kepada “Mushola Al-Ikhlas Bandulan Malang”., 1 Ekor Kambing akan di salurkan kepada “Mushola Ar-Ridho Kecamatan Jabung Kab. Malang”., 1 Ekor Kambing akan di salurkan kepada  “Yayasan Al-Kahfi Kantor Cabang Kota Malang” Jl. Embong Berantas No. 20 Kel. Kiduldalem Kec. Klojen Malang, 1 Ekor Kambing akan di salurkan kepada “Yayasan Pembinaan Anak Cacat Malang” Jalan. Raden Tumenggung Suryo No. 39., 1 Ekor Kambing akan di salurkan kepada “MI Muhammadiyah Nurul Islam” Cabang Tajinan Kab. Malang., 1 Ekor Kambing akan di salurkan kepada “Masjid Baitus Salam Jalan Gotong Royong 1”., 1 Ekor Kambing akan di salurkan kepada “Yayasan Panti Asuhan Taqwa Al Qolbi Joyoagung Tlogomas Malang”, 2 Ekor Kambing akan di salurkan kepada “PPA” Rektorat Universitas Brawijaya., dam 1 Ekor Kambing di salurkan kepada “Mushola Nurul Haaq” RW 4 Kel. Dinoyo Malang.

Sementara itu Dekan FKUB Dr. dr. Sri Andarini, MKes dalam sambutannya menyampaikan, penyembelihan Hewan Kurban ini merupakan bentuk peringatan akan ketaatan Nabi Ibrahim AS yang telah diperintahkan oleh Allah SWT untuk berkorban dengan menyembelih putranya yang bernama Ismail. Pengorbanan dan ketaatan beliau sangat menginspirasi kita semua untuk selalu berkorban bagi nusa, bangsa dan masyarakat pada umumnya.

Kami mengucapkan terima kasih banyak atas jerih payah dari para panitia dan para mahasiswa yang telah bersedia dengan ikhlas menyisihkan sedikit rizkinya untuk bersama-sama menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban kali ini.

Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan kebaikan dan ridho Alaah bagi kita serta bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkan, harapnya (An4nk)