Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 6 September 2017 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Dalam rangka merayakan Hari raya  Idul Adha 1438 H , Panitia Hari Besar Islam Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB)  telah mengumpulkan  dan menyalurkan  serta memotong hewan Kurban sebanyak total 5 ekor Sapi dan 13 Ekor Kambing  hasil  pengumpulan dari sivitas akademika FKUB sebagai hewan kurban kebeberapa tempat. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu (2/9/17) di halaman Parkir Gedung Pusat Pendidikan (GPP) FKUB.

Dalam laporannya Wakil Ketua Pelaksana Lulut Endi Sutrisno, SE, MAB. mengatakan, kegiatan rutin yang dilaksanakan pada tiap tahunnya ini, sejauh ini panitia telah mendata secara kolektif para penyumbang hewan kurban dan mendistribusikan hewan kurban keberapa tempat, seperti Rumah Sakit Islam, Masjid, Musholla, Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah, Panti Asuhan dan Pusat Pengembangan Agama UB, ungkapnya.

Selanjutnya, Kasubbag Umum dan BMN FKUB ini menambahkan pada kali ini hewan kurban yang akan kami serahterimakan sejumlah 2 ekor sapi dan disalurkan ke beberapa tempat dengan rician sebagai berikut: 1 ekor Sapi disalurkan ke Masjid Al –Ikhlas jalan raya Klampok RT. 03 RW 04, Kecamatan Singosari, dan 1 ekor sapi disalurkan ke Rumah Sakit Islam (RSI) Aisiyah Malang,  sedangkan 3 ekor sapi lainnya akan disembelih dan disalurkan kepada keluarga besar sivitas akademika FKUB dan warga sekitar.

Sedangkan Penyaluran 13 Hewan Qurban Kambing dibagikan kebeberapa tempat antara lain : 6 ekor kambing di FKUB, 2 Ekor Kambing ke PPA-UB, 2 Ekor Kambing ke Yayasan Taqwa Al- Qolbi Jl. Joyo Agung II Tlogomas, Lowokwaru Malang., 1 Ekor Kambing ke Masjid Al Fatah Junrejo Batu, 1 ekor kambing ke Madrasah Ibtidaiyah (MI) Jl. Bougenvil No. 2 Desa Purwosekar Kecamatan Tajinan., 1 ekor kambing ke Masjid Nurul Islam  Jl. KH. Ahmad Dahlan No.2 Desa Sumbersuko Tajinan., 1 ekor Musholla Al Muslimin Perum Tangkilsari, Tajinan dan 1 Ekor Kambing ke MI Muhammadiyah Nurul Islam Tajinan.

Sementara itu Dekan FKUB Dr. dr. Sri Andarini, M.Kes dalam sambutannya menyampaikan, penyembelihan Hewan Kurban ini merupakan bentuk peringatan akan ketaatan Nabi Ibrahim AS yang telah diperintahkan oleh Allah SWT untuk berkorban dengan menyembelih putranya yang bernama Ismail. Pengorbanan dan ketaatan beliau sangat menginspirasi kita semua untuk selalu berkorban bagi nusa, bangsa dan masyarakat pada umumnya.

Kami mengucapkan terima kasih banyak atas jerih payah dari para panitia dan para mahasiswa yang telah bersedia dengan ikhlas menyisihkan sedikit rizkinya untuk bersama-sama menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban kali ini.

Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan kebaikan dan ridho Allah bagi kita serta bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkan, harapnya (An4nk/HumasFKUB)