Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 23 Oktober 2017 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Malang – Sebagai kampus yang bergerak dibidang Ilmu Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) menjadi salah satu kampus yang banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat dalam melanjutkan pendidikan dan mengembangkan diri.

Terbukti dengan semakin banyaknya calon mahasiswa pendidikan Dokter Spesialis yang mendaftarkan diri dan mengikuti proses seleksi yang cukup ketat sampai dengan diterima adalah langkah panjang dalam menentukan calon dokter spesialis yang profesional dan berdaya saing baik dalam maupun luar negeri.

Melalui proses seleksi yang cukup panjnag dan ketat dari total peserta seluruhnya yang berjumlah sebanyak 217 calon mahasiswa PS PDS, maka diputuskan bahwa  calon mahasiswa PS PDS di FKUB/RSSA yang diterima adalah sebanyak 81 orang saja pada tahun ajaran 2017/2018 ini.

Kegiatan penerimaan calon mahasiswa PPDS tersebut dilaksanakan secara simbolik oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya pada hari ini Kamis (19/10/17) dan dipusatkan di Ruang Auditorium Gedung Pusat Pendidikan (GPP) lantai 6 FKUB.

Dalam laporannya Sekretaris Jurusan Pendidikan Dokter Spesialis dr. Eko Arisetijono Marhaendraputra, SpS (K) menyampaikan bahwa dalam proses seleksi ini kalian mampu mengalahkan calon peserta PS PDS lain yang ingin bergabung menjadi bagian dari Calon Mahasiswa PS PDS di FKUB. Kami mengucapkan selamat pada proses yang cukup panjang dan ketat, pada penerimaan calon mahasiswa PS PDS kali ini ada sekitar 217 peserta yang mendaftarkan diri dan bersaing tetapi yang diterima sekitar 81 orang saja  dengan ratio perbandingan 1 : 3.

Pendidikan Dokter Spesialis terkait dengan yang namanya pelayanan di Rumah Sakit, sehingga kita harus memastikan seluruh PPDS yang akan bekerja dan melayani harus tidak merugikan dan membahayakan pasien, bedanya dengan pendidikan dokter mahasiswa pendidikan spesialis yakni mempunyai kewajiban untuk melaksanakan praktik kedokteran sesuai dengan peraturan dan hukum yang berlaku, sehingga saat saudara sudah masuk dan menjalankan pelayanan maka anda harus menjaga kualitas mutu dan pelayanan di RSSA, tegasnya.

Lebih lanjut Ia berpesan bahwa, Peran keluarga anda sangat besar dalam mendukung dan tercapainya kesuksesan proses pendidikan saudara, oleh karena itu kami mengundang serta kelancaran pendidikan ini agar semua mengerti bahwa pendidikan spesialis ini memerlukan waktu dan pengorbanan yang berat.

Pada kesempatan yang sama,  Dr. dr. Sri Andarini, M. Kes  selaku Dekan FKUB mengucapkan selamat datang telah diterima menjadi bagian dari keluarga FKUB, serta ucapan terima kasih atas kepercayaan dari para calon mahasiswa Pendidikan Dokter Spesialis yang mendaftarkan diri di FKUB.

Saudara diterima dengan perbandingan 1 : 3, saudara berasal dari Sabang hingga Merauke. Mohon untuk dapat menyesuaikan dan menmgikuti segala peraturan yang berlaku.

Tentunya kami berharap ketika saudara masuk menjadi bagian dari proses pendidikan dokter spesialis ini mampu mengikuti dan menjalankan peraturan yang berlaku terutama dalam segi patient safety. Kami berharap saudara dapat lulus tepat waktu, harapnya. (An4nk /HumasFKUB)