Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 1 April 2013 , oleh angga , pada kategori Berita

Segenap Pimpinan Fakultas, Senat Fakultas, Para Pejabat Struktural dan Non Struktural yang terdiri dari Dekan, Para Pembantu Dekan, Para Guru Besar, Kepala Tata Usaha dan Para Kasubbag, Para Kajur dan Sekjur, Para Kaprodi serta Para Kalab dilingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB), mengikuti Rapat Kerja Penyusunan Rencana Strategis (Raker – Renstra) FKUB yang diselenggarakan di Hall Tumapel Singhasari Resort, Batu pada hari Selasa (19/3)  .

Dekan FKUB, Dr. dr. Karyono Mintaroem, SpPA dalam arahannya menyampaikan, Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya dalam rangka mempersiapkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dan globalisasi serta semakin bergesernya perekonomian dunia pada ekonomi berbasis pengetahuan. Peran pendidikan tinggi semakin dibutuhkan oleh masyarakat luas maupun Negara. Berdasarkan data pada akhir tahun 2009 jumlah mahasiswa di Indonesia telah lebih dari 4,5 juta orang, tetapi masih jauh tertinggal dibandingkan dengan negara – negara tetangga.

Globalisasi menuntut  peran PT untuk meluluskan tenaga ahli yang dibutuhkan oleh lapangan kerja, sementara kualitas pendidikan tinggi di Indonesia masih perlu ditingkatkan. Saat ini jumlah sarjana dan lulusan sekolah yang menganggur tinggi, hal ini menunjukkan indikasi rendahnya kualitas dan relevansi pendidikan dan dunia kerja. Kesejahteraan masyarakat tak lagi ditentukan oleh kekayaan sumber daya alam, tetapi lebih ditentukan oleh kualitas manusia, daya saing dan produktivitas masyarakat.

Dibidang kesehatan saat ini sudah banyak Rumah Sakit asing didirikan di Indonesia, tenaga kesehatan asing sudah mulai digunakan dan akan membanjiri institusi pelayanan kesehatan. Oleh sebab itu persaingan yang demikian ketat harus disertai upaya peran pendidikan tinggi yang mampu meningkatkan daya saing bangsa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemkenkes – RI) sebagai pemangku kepentingan (stakeholder) yang terpenting, mempunyai visi “Masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan” hal ini menjadi salah satu acuan dalam merumuskan kompetensi lulusan terutama bagi tenaga kesehatan.

Dengan dasar tersebut Fakultas Kedokteran UB berupaya membuat program dan perencanaan perbaikan mutu dan kualitas layanan pendidikan serta menghasilkan tenaga kesehatan yang berkualitas dengan mengacu pada program kerja yang telah dilaksanakan dalam 5 tahun terakhir yaitu 2007 – 2012 yang sesuai dengan indikator kinerja  pada masing-masing sasarannya.

Pada raker penyusunan renstra tersebut para tim yang dibagi dalam 5 kelompok banyak mengemukakan pendapat dan mendiskusikan hasil-hasilnya untuk memperbaiki sistem yang ada di FKUB. Beberapa hal yang menjadi focus pembahasan dalam raker ini antara lain visi dan misi Fakultas, Tujuan Strategis Fakultas, Pencapaian Rencana Strategis, Serta pembenahan mutu dalam bidang akademik, sarana prasarana, pelayanan informasi, pelayanan kemahasiswaan dan lain-lain. (Ang)