Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 15 Maret 2012 , oleh angga , pada kategori Berita

foto_raker_bidanProgram Studi (Prodi) S1 Kebidanan, Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK-UB) melaksanakan “Rapat Kerja Pengembangan Kurikulum Pendidikan S1 Kebidanan” yang diikuti oleh Ketua Program Studi (KPS), Sekretaris Program Studi (SPS), dan dosen penanggung jawab mata kuliah (PJMK). Kegiatan yang dilaksanakan pada hari  Sabtu sampai dengan Minggu (10 – 11/3) ini dipusatkan di ruang sidang senat lantai 6 GPP, FKUB.

Dalam sambutannya Pembantu Dekan I Dr. dr. Sri Andarini, M. Kes. mengatakan, “Rapat kerja ini sangat penting sebagai upaya untuk menyempurnakan kurikulum S1 Kebidanan FKUB. Karena UB menjadi salah satu penyelenggara pendidikan program studi S1 Kebidanan dengan sistem pembelajaran Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) bersama dengan Universitas Andalas (Unan), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Padjajaran (Unpad).

Oleh karena itu, sebagai salah satu dari beberapa Universitas penyelenggara S1 Kebidanan KBK maka UB berupaya keras untuk memperbaiki kurikulum Prodi S1 Kebidanan ini sesuai dengan mandat , “imbuhnya”.

Selain itu dr. Nooryanto, SpOG. selaku Ketua Program Studi (KPS) S1 Kebidanan menjelaskan, rapat kerja ini bertujuan untuk mengevaluasi kembali serta upaya untuk menyempurnakan kurikulum yang telah di laksanakan untuk bisa dilanjutkan pada program selanjutnya. Hal ini disesuaikan dengan surat keputusan atau mandat dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti) untuk mengangkat prodi Bidan yang dulunya sebagai pendidikan vokasi bukan akademisi, sehingga dengan dimulainya sistem KBK maka Dikti mengangkat  profesi Bidan untuk menjadi program studi  S1 Kebidanan.

Selanjutnya, UB merupakan program percontohan untuk sistem penerapan KBK bagi program studi Kebidanan di Indonesia. Sistem KBK murni adalah KBK yang ada di  S1 kebidanan di Indonesia adalah KBK di UB sehingga banyak intitusi ingin bertukar informasi (share) dengan FKUB. Dalam aplikasinya, minimal konten atau isi dari kurikulum inimendekati sempurna sehingga tidak sampai gagal mendapatkan hasil konten tersebut.

Disamping itu, diharapkan program studi S1 Kebidanan kedepan bisa lebih baik lagi sehingga bisa menjadi contoh dan sesuai dengan apa yang disampaikan bahwa Prodi S1 Kebidanan FKUB sebagai program unggulan dapat  diandalkan untuk mendapatkan akreditasi yang baik minimal B, “terangnya”.
Dalam kegiatan ini hadir sebagai pemateri dr. Andi Ansharullah dan dr. Rita Rosita Sekretaris Program Studi (SPS) yang memberikan materi pengembangan kebidanan . (Ang)