Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 22 November 2011 , oleh angga , pada kategori Berita

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Brawijaya (UB)  Malang, mengadakan Rapat Kerja Persiapan Pendidikan Profesi Gizi.  Kegiatan tersebut  dilaksanakan di ruang Auditorium  Gedung Pusat Pendidikan (GPP) Lantai 6 Fakultas Kedokteran selasa (22/11) yang dihadiri oleh Pembantu Dekan II FK, Sekretaris Program Studi Gizi, para dosen dari Politeknik kesehatan (Poltekes) Malang serta  para ahli gizi dari rum ah sakit dan puskesmas se- Malang Raya.

Yosfi Rahmi, S. Gz. MSc,  selaku ketua panitia menjelaskan,  “ progress persiapan pendidikan profesi Ahli Gizi yang rencananya akan dimulai bulan februari  di tahun ajaran 2011- 2012 tersebut belum bisa segera dilaksanakan karena masih menunggu surat Permenkes untuk mengaturnya . Rapat kerja hari ini telah dilaksanakan tiga kali sehingga telah menghasilkan keluarnya beberapa surat keputusan dari pihak terkait bahkan surat keputusan dari Rektor Universitas Brawijaya.

Pembantu Dekan II FK, Prof. Dr. dr. M. Rasjad Indra, MS. mengatakan, “ Pendidikan gizi merupakan program studi yang tergolong baru dibanding prodi yang ada di Fakultas Kedokteran ini. Oleh karena itu, segmen prodi gizi sedang dikembangkan diharapkan segera kita susun. Karena menyusun satu sistem manajemen baru itu lebih mudah dari pada sistem yang sudah berjalan “.

Selanjutnya, profesi ahli gizi merupakan profesi yang sangat penting dan mempunyai peran yang sangat besar didunia kesehatan khususnya rumah sakit dan masyarakat luas. Diharapkan nantinya ada suatu peluang dan waktu yang cukup supaya pelaksanaan profesi gizi ini terarah, terukur, dan dapat dipertanggung jawabkan akuntabilitasnya oleh kita dan pihak-pihak terkait.

Selain itu, dalam rapat ini juga diadakan beberapa sosialisasi dan agenda diantaranya : 1). Sosialisasi Core Kompetensi Pendidikan Profesi Gizi Hasil Workshop AIPGI yang dilaksanakan pada tanggal 16 November oleh Yosfi Rahmi, S. Gz. MSc, 2). Sosialisasi KKNI, Uji Kompetensi Pendidikan Profesi Gizi dan Implementasi Permenkes 1796 oleh  Sri Iwaningsih, SKM, MARS (Perwakilan MTKI),  30. Implementasi Permenkes 1796 di MTKP Jatim oleh Ibu Sofie (Perwakilan MTKP Jatim), 4). Sharing Pengalaman Uji Kompetensi Pendidikan Profesi Dokter, Strategi meningkatkan kelulusan dan strategi menindaklanjuti ketidaklulusa oleh dr. Tatong Harijanto, MSPH. Sehingga dapat menghasilkan rumusan yang ditunggu oleh rekan – rekan sejawat penyelenggara pendidikan profesi gizi. (ANG)