Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 31 Desember 2014 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Program Studi Pendidikan Dokter Gigi (PSPDG) mendapat kado istimewa di penghujung tahun 2014. Dengan di laksanakannya Sumpah Dokter Gigi bagi 5 mahasiswa /I nya pada Selasa (30/12) lalu mereka yang selama 6 tahun telah berjuang dalam proses pendidikannya,  kini mereka telah resmi menjadi dokter gigi baru yang akan masuk dan terjun ke masyarakat.

Dr. M. Chair Effendi, drg., SU., Sp. KGA selaku Ketua Program Studi Pendidikan Dokter Gigi (PSPDG) FKUB dalam laporannya menyampaikan, pada hari ini akan dilepas sebanyak 5 orang lulusan Dokter Gigi hasil Yudisium tanggal 8 Desember 2014 lalu, mereka adalah lulusan pertama PSPDG FKUB yang telah mengikuti Uji Kompetensi Dokter Gigi Indonesia (UKDGI) pada bulan Agusutus 2014.
Selanjutnya dikatakan oleh Spesialis Kedokteran Gigi Anak ini  bahwa kami merasa sangat bersyukur dapat mengantarkan mereka hingga mereka menjadi seorang dokter gigi dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)  mereka juga baik dan dari kelima lulusan kali ini 3 orang mendapat predikat Cumlaude. Kami menyadari saudara telah melewati tahapan yang cukup panjang untuk meraih gelar dokter gigi (drg) tentunya dalam kurun waktu tersebut banyak biaya dan waktu serta tenaga yang saudara curahkan untuk menempuh pendidikan ini.

Kami berpesan, setelah lulus nanti saudara akan dihadapkan dengan dunia luar (masyarakat) oleh karena itu saudara diharapkan kalian mampu bersikap professional dalam memberikan pelayanan kesehatan bidang gigi dan mulut. Dan ada 3 hal yang harus di penuhi dalam bersikap professional dalam melayani masyarakat. Pertama, dalam member pelayanan dibidang kedokteran gigi dan mulut harus berdasarkan SPM (Standar Pelayanan Medik) yang sudah ada, Kedua tidak melanggar kode etik kedokteran gigi dan mematuhi peraturan atau undang – undang tentang praktik kedokteran dan ketiga patuhi dan penuhi sumpah dokter gigi yang saudara ucapkan, harapnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama sebagai perwakilan dari dokter gigi baru drg. Ferdian Rizky Hutomo juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada KPS dan SPS, Dosen serta tenaga administrasi di PSPDG – FKUB. Ia menuturkan bahwa orang tua kami senantiasa memberikan dukungan dan do’a bagi keberhasilan kami.

Selanjutnya ia mengatakan, 6 tahun ini kami lalui dan untuk sampai pada titik ini, dimana hari ini kami dapat menyandingkan gelar dokter gigi (drg) diantara nama kami. Terima kasih kepada para dosen yang laur biasa, yang telah membina dan membmbing kami sejak awal, sejak dimana kita masih seorang lulusan SMA sampai sekarang menjadi seorang dokter gigi, disini kami telah dibina tidak hanya dari segi kelimuan melainkan juga dari segi attitude sebagai seorang dokter gigi yang akan memiliki tanggung jawab besar dimasyarakat. Kami juga berharap bimbingan dari para Dosen tidak berhenti disini, tetapi masih akan tetap berkelanjutan karena kami merupakan adik sejawat yang masih membutuhkan bimbingan dari bapak ibu semua.

Dekan FKUB, Dr. dr. karyono Mintaroem, SpPA dalam sambutannya berpesan, Pengucapan sumpah Dokter Gigi merupakan kewajiban bagi setiap Dokter Gigi sebelum melaksanakan tugas profesinya. Sumpah ini harus dihayati dan diaplikasikan setiap saat dalam menjalankan profesinya bahkan dalam kehidupan sehari – hari saat berhubungan dengan penderita, kolega maupun masyarakat luas.
Ditambahkan oleh Dekan, perjalan saudara dalam 6 tahun menjalani pendidikan ini penuh perjuangan dan pengalaman, saya berharap saudara tidak hanya mendapatkan ilmu tetapi juga contoh – contoh perilaku dari guru –guru saudara yang tujuan akhirnya adalah untuk menjadikan saudara sebagai dokter gigi yang baik. Kini tiba saatnya saduara untuk melangkah maju manidiri, mengaplikasikan apa – apa yang telah saudara peroleh selama belajar dikampus FKUB dan RS Jeajring pendidikan, terjun langsung ke masyarakat yang sampai saat ini masih banyak yang membutuhkan pelayanan kesehatan yang prima, serta dapat mengabdikan diri dengan profesionalisme yang tinggi dan dengan tetap menjaga nama baik guru-guru dan almamater saudara, tegasnya.

Berikut nama – nama dokter Gigi baru yang disumpah pada hari tersebut : 1. drg. Dyanita Hardiningtyas , 2. drg. Ferdian Rizky Hutomo, 3. drg. Nungky Devitaningtyas, 4. drg. Meilia Aquina Hakim, dan 5. drg. Eko Wicaksono Subagio.  (An4nk)