Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 16 Juni 2015 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Program Studi Pendidikan Dokter Gigi (PSPDG) kembali meluluskan 13 Dokter Gigi Baru. Acara kelulusan ini ditandai dengan di laksanakannya Sumpah Dokter Gigi bagi pada Selasa (11/6) lalu. Ketigas mahasiswa/I PSPDG yang selama 6 tahun telah berjuang dalam proses pendidikannya,  kini telah resmi menjadi dokter gigi baru yang akan masuk dan terjun ke masyarakat.

Dr. M. Chair Effendi, drg., SU., Sp. KGA selaku Ketua Program Studi Pendidikan Dokter Gigi (PSPDG) FKUB dalam laporannya menyampaikan, pada hari ini akan dilepas sebanyak 13 orang lulusan Dokter Gigi hasil Yudisium tanggal 8 Desember 2014, 28 april 2015 dan 26 Mei 2015.

Mewakili segenap pengelola dalam proses pembelajaran pada prodi PSPDG FKUB kami merasa sangat bersyukur atas prestasi yang ditempuh oleh para Dokter Gigi Baru ini. Rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mereka 3,57 dan IPK tertinggi diraih oleh drg. Ditta Ika Prasetyawati dengan IPK 3,82, tuturnya.

Kami berpesan, setelah lulus nanti saudara akan dihadapkan dengan dunia luar (masyarakat) oleh karena itu saudara diharapkan kalian mampu bersikap professional dalam memberikan pelayanan kesehatan bidang gigi dan mulut. Dan ada 3 hal yang harus di penuhi dalam bersikap professional dalam melayani masyarakat.

Pertama, dalam member pelayanan dibidang kedokteran gigi dan mulut harus berdasarkan SPM (Standar Pelayanan Medik) yang sudah ada, Kedua tidak melanggar kode etik kedokteran gigi dan mematuhi peraturan atau undang – undang tentang praktik kedokteran dan ketiga patuhi dan penuhi sumpah dokter gigi yang saudara ucapkan, harapnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama sebagai perwakilan dari dokter gigi baru drg. Drg. Rs. Merina Diah Eri Nurmasari juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada KPS dan SPS, Para Dosen serta tenaga administrasi di PSPDG – FKUB. Ia menuturkan bahwa orang tua kami senantiasa memberikan dukungan dan do’a bagi keberhasilan kami.

Selanjutnya ia mengatakan, Hari ini kita semua berikrar sumpah, berkomitmen tentang kebersamaan dalam kesejawatan, tentang misi kemanusiaan, dan amanah keprofesian. Hari ini gelar dokter gigi resmi membersamai nama kita, namun ingatlah kawan bahwa mendjadi dokter gigi itu bukan kehormatan. Tapi kekuatan uintuk menebar kebaikan, mengakses kebenaran dan menjaga kerahasiaan, tegasnya.

Pada kesempatan yang sama Dekan FKUB, Dr. dr. Sri Andarini, M.Kes dalam sambutannya menyampaikan, Pengucapan sumpah Dokter Gigi merupakan kewajiban bagi setiap Dokter Gigi sebelum melaksanakan tugas profesinya. Sumpah ini harus dihayati dan diaplikasikan setiap saat dalam menjalankan profesinya bahkan dalam kehidupan sehari – hari saat berhubungan dengan penderita, kolega maupun masyarakat luas.

Ditambahkan oleh Dekan, saat ini saudara telah berhasil menyelesaikan masa studi. Perjalan saudara dalam 6 tahun menjalani pendidikan ini penuh perjuangan dan pengorbanan, suatu perjalanan yang penuh perjuangan dan pengorbanan, tidak hanya mendapatkan ilmu tetapi juga contoh-contoh perilaku dari guru-guru saudara yang dapat dijadikan sebagai suri tauladan yang baik.

Kini tiba saatnya saudara untuk melangkah maju mandiri, mengaplikasikan apa – apa yang telah saudara peroleh selama belajar dikampus FKUB dan RS Jeajring pendidikan, terjun langsung ke masyarakat yang sampai saat ini masih banyak yang membutuhkan pelayanan kesehatan yang prima, serta dapat mengabdikan diri dengan profesionalisme yang tinggi dan dengan tetap menjaga nama baik guru-guru dan almamater saudara, tegasnya.

Berikut nama – nama dokter Gigi baru yang disumpah pada hari tersebut : 1. drg. Agutine Hanafi Putri, 2. drg. Ajeng Poerborani Dityaningtyas, 3. drg. Ditta Ika Pra Setya Wati, 4. drg. Dwita Budiarti, dan 5. drg. Mutiara Tungga Dewi, 6.  drg. Nadia Iskardiansya, 7. drg. Olivia Indah Suhardiman, 8. drg. R. Putri Noerpuspita, 9. drg. Riyan Hadikusuma Jaya, 10. drg. Rr. Merina Diah Eri Nurmasari, 11. drg. Sri Nurul Laila, 12. drg. Anansia Chrisanty Sahertian, 13. drg. Irene Griselda Chielwin.  (An4nk)