Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 10 Oktober 2017 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Semakin meningkatnya prevalensi Stroke bagi penderita Hipertensi, membuat sebagian besar  Dokter Spesialis Radiologi dari Program Studi Dokter Spesialis Radiologi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya /RSSA ingin memberikan sesuatu yang bermanfaat dan berbagi ilmu pengetahuan kepada  masyarakat sekitar dengan cara melaksanakan kegiatan Pemeriksaan USG Vaskular carotis Pada Pasien Hipertensi Untuk Deteksi Dini Faktor Stroke.

Kegiatan yang dilaksanakan di Lab/SMF Radiologi RSSA tersebut merupakan upaya untuk  melaksanakan fungsi dan peran Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah Pengabdian Kepada Masyarakat, terang dr. Agung Kurniawan , Sp.Rad selaku Ketua Panitia.

Selanjutnya Ia menjelaskan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu wujud dari upaya kami melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pada poin Pengabdian Kepada Masyarakat. Prodi Radiologi ingin memberikan edukasi dan pemeriksaan dini bagi masyarakat dengan hipertensi.

Pada kesempatan ini kami melakukan pemeriksaan pada Vaskuler Carotis, seperti yang kita ketahui bersama bahwa angka kejadian stroke di Malang sendiri sudah cukup banyak. Oleh karena itu kami berharap  perlu adanya deteksi stroke dini pada pasien hipertensi, ungkapnya.

Lalu karena dengan deteksi ini kita akan mengetahui bahwa apakah ada penebalan pada dinding Vascular Carotis pada pasien yang akan berpengaruh terhadap pasokan darah ke otak dan pembuluh darah lainnya dan tentunya apabila hal ini dapat segera diketahui  maka  akan sedikit meringankan dan mencegah penderita Hipertensi tersebut untuk resiko terjadinya Stroke.

Selain kami melakukan pemeriksaan kami juga memberikan edukasi bagi masyarakat tersebut agar segera melakukan pemeriksaan lanjut dan pencegahan dengan melakukan upaya pengobatan apabila hasilnya positif.

Lebih lanjut Ia menambahkan, pada kegiatan yang rutin kami selenggarakan tiap tahunnya ini sementara kami masih bisa memeriksa sebanyak 32 pasien saja, dikarenakan keterbatasan dana. Dan sasaran kami adalah masyarakat yang berasal dari daerah sekitar RSSA dengan usia sekitar 50 tahun dan dilaksanakan hanya dalam 1 hari yakni pada pukul 08. 00 – 13. 00 WIB

Dalam kegiatan ini Jumlah tenaga dokter  untuk memeriksa ada 9 orang,  dari  residen senior (mahasiswa PPDS) ada 7 orang, dari mahasiswa S1 dan Dokter Muda ada beberapa dan kami berikan tugas  untuk melakukan pendaftaran, pendataan dan edukasi  serta pemeriksaan yang tetap didampingi oleh dokter senior atau supervisor dan kami juga melibatkan beberapa student  exchange program dr ISMKI.

Selain bertujuan menjalankan peran Universitas Brawijaya dalam  melaksanakan Tri Dharma Pergruan Tinggi kami dari Prodi radiologi juga sangat ingin berpartisipasi aktif dalam meningkatkan mutu dan taraf kesehatan bagi masyarakat sekitar. Dan semoga pada tahun – tahun mendatang kami dapat melaksanakan kegiatan serupa dengan cakupan  dan sasaran penderita Hipertensi lebih banyak lagi, serta kami berharap kegiatan ini berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat. (An4nk – Humas FKUB)