Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 20 November 2017 , oleh angga

Universitas Brawijaya Annual Quality Award 2016 (UBAQA 2016)

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya berhasil mendapatkan UBAQA 2016. UBAQA merupakan penghargaan tahunan yang diberikan untuk unit kerja dengan kualitas kerja terbaik pada tingkat universitas. Beberapa kriteria yang dipakai sebagai patokan penilaian dalam UBAQA adalah hasil audit internal, hasil akreditasi dan website.

foto ubaqa2016

7th ASEAN Congress of Tropical Medicine and Parasitology (7th ACTMP)

7th ACTMP merupakan acara dua-tahunan yang diselenggarakan secara bergantian di negara-negara ASEAN dengan penyakit tropis sebagai tema besar acara. Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya mendapatkan kehormatan sebagai tuan rumah penyelenggaraan acara ini pada tahun 2016 dengan ketua pelaksana Prof. Dr. dr. Teguh Wahyu Sardjono, DTM&H, M.Sc., Sp.ParK. Dengan mengusung tema Combating the Big Three of Infectious Diseases and Increasing Awareness of the Neglected Tropical Diseases”, kongres ini menjadi wadah komunikasi antar penelitidi bidang penyakittropis danparasitologi. Highlightpada7th ACTMP adalah tiga besar penyakit infeksi yaitu AIDS, Tuberkulosisdan Malaria. Kongres ini berhasil mendapatkan dana bantuan seminar luar negeri dari Kemenristekdikti. Sebanyak lebih dari 25 speaker, 4 case presenter, dan 114 presenter oral dan poster dari negara-negara ASEAN dan negara-negara lain di luar ASEAN, seperti Jepang, Korea, India dan Cina.

foto actmp1

Foto bersama peserta dan pembicara 7th ACTMP 2016

foto actmp2

Panitia 7th ACTMP 2016

Medical Fiesta 2016

Selain prestasi-prestasi di ajang Internasional, FKUB juga beberapa kali mengadakan acara ilmiah berskala Internasional seperti salah satunya Medical Fiesta 2016 yang mendatangkan pembicara dari luar negeri seperti dr. Alissara V, MD., Pharm., staf Departemen Emergensi, Vajra Hospital, Thailand, dan dr. Ahmad Khaidun., B.MedSci., Dr.EmMed, Malaysia berkolaborasi dengan pembicara dari FKUB dan Indonesia yang ikut memeriahkan acara ini.

fot medical1

Suasana meriah acara Ilmiah Internasional, Medical Fiesta 2016

fot medical2

Acara Ilmiah Internasional Medical Fiesta 2016

Sertifikasi ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) untuk Program Magister Ilmu Biomedik

Program Magister Ilmu Biomedik (PMIB) merupakan satu dari 3 (tiga) program studi di Universitas Brawijaya dan program studi magister pertama yang telah menjalani visitasi ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) ke-65 pada tanggal 23 – 25 Agustus 2016 oleh Assoc. Prof. Dr. Yahaya Md. Sam (University Teknologi Malaysia) dan Asst. Prof. Dr. Thasaneeya Ratanaroutai Nopparatjamjomras (Mahidol University). Persiapan sertifikasi AUN-QA dimotori oleh 7 (tujuh) orang taskforce dan melibatkan setidaknya 90 orang interviewee beserta 40 orang panitia persiapan visitasi yang terdiri dari berbagai elemen dalam FKUB. Setelah serangkaian kegiatan persiapan visitasi, yaitu penyusunan dokumen, simulasi internal dengan taskforce, pelatihan pemadaman kebakaran, simulasi internal dengan PJM dan simulasi eksternal dengan asesor AUN-QA Indonesia, PMIB berhasil mendapatkan nilai 4.6 dari skala 0 – 7. Hingga tahun 2016, nilai ini merupakan nilai asesmen AUN-QA tertinggi di Universitas Brawijaya.

foto aunqa

Asesor, taskforce dan panitia visitasi AUN-QA PMIB