Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 20 April 2017 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

fk-unram1

Mataram – Nusa Tenggara Barat – Sebagai salah satu kampus besar di Indonesia, Universitas Brawijaya memiliki banyak sekali keunggulan dan prestasi yang luar biasa. Namun tidak ada salahnya kalau pengembangan dalam pengelolaannya tersebut memerlukan sebuah referensi baru atau masukan yang mungkin saja akan didapatkan ketika mampu melihat secara lebih dekat dan belajar terhadap kualitas dan kuantitas pengelolaan manajemen di kampus besar lainnya.
Diperlukan adanya suatu kerjasama atau kolaborasi untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi meliputi; Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang berguna untuk menambah sisi positif dan bisa diterapkan di UB.
FK Unram sebagai salah satu kampus penyelenggara pendidikan Kedokteran di wilayah Timur dipilih oleh FKUB untuk berkolaborasi terutama dalam hal penelitian – penelitian tentang penyakit tropik dan Infeksi Menular.
Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas sebagai penyelenggara pendidikan dibidang Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Sivitas Akademika Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) melaksanakan rangkaian kunjungan kerja dan studi banding ke Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (Unram), Mataram Lombok – NTB pada Kamis, (13/4/17).
Rombongan FKUB secara resmi diterima oleh Dekan FK-Unram dr. Hamsu Kadriyan, Sp.THT-KL, M.Kes dan Wakil Dekan II FK Unram, Kepala Tata Usaha dan beberapa Staf dilingkungan FK Unram.
Kunjungan FKUB kali ini diwakili sebanyak 18 orang yang terdiri dari; Wakil Dekan Bidang Akademik, Kepala Tata Usaha, Kasubbag Akademik, Kasubbag Kemahasiswaan, Staf Administrasi (Staf kemahasiswaan, Staf Kepegawaian dan Keuangan, Staf Akademik, Laboran, Humas, Pengadaan, Persuratan) dan beberapa staf Administrasi lainnya di lingkup FKUB.
Dr. dr. Wisnu Barlianto, M.Si, Med., SpA (K) selaku Wakil Dekan Bidang Akademik FKUB, dalam sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya bersama rombongan FKUB ke FK Unram adalah intinya kami ingin belajar bersama, serta ingin melaksanakan penjajakan kerjasama dalam hal mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Kami memilih FK Unram sebagai kampus besar di wilayah Indonesia Timur karena memiliki potensi besar untuk bekerjasama dalam berbagai hal seperti Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat terutama dalam hal penelitian tentang penyakit tropik dan penyakit Infeksi Menular.
Selain itu, kami juga ingin belajar banyak hal dari apa yang telah dilakukan oleh FK Unram dalam pengelolaan manajemen, proses penyelenggaraan pendidikan dan solusinya dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ada. Tentunya kami ingin menambah wawasan karena setiap perguruan tinggi pasti berbeda tentang sistim pengelolaan manajemennya, , ungkap dokter Spesialis Anak tersebut.
Menanggapi hal tersebut Dekan FK Unram dr. Hamsu Kadriyan, Sp.THT-KL, M.Kes menyambut baik kedatangan rombongan FKUB yang berkunjung.
Merupakan suatu kehormatan bagi kami dikunjungi oleh FKUB karena FK Unram merupakan kampus yang masih baru berdiri pada tahun 2003 dan tergolong masih muda jika dibandingkan dengan FKUB yang telah lebih dahulu menyelenggarakan pendidikan Kedokteran.
Kami senang sekali bisa sharing dengan FKUB apabila ingin melihat beginilah kondisi kampus kami, tetapi semoga dengan adanya kunjungan ini semoga kerjasama dan hubungan yang hangat ini tetap berlanjut, harapnya.
Selanjutnya Ia menambahkan, Mahasiswa pertama kita masih belum banyak, dulu kampus kami berawal dari sebuah Program Studi di bawah Surat Keputusan Rektor, dan pada tahun 2010 baru menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Saat ini kami masih meiliki satu saja Program Studi yaitu pendidikan dokter, kami berharap kedepan ada penambahan- penambahan Program studi baru.
Selain pendidikan dokter kami juga berharap ada program studi baru seperti Pendidikan Spesialis, Ilmu Keperawatan dan ilmu kesehatan lainnya, akan studi peraturan Menteri mengharuskan bahwa program studi yang lama harus terakreditasi dulu. Tentunya untuk menjadikan sebuah program studi Pendidikan Dokter menjadi sebuah Fakultas Kedokteran membutuhkan proses dan banyak sekali tantangannya. Dan kami sangat berterima kasih bahwa Dekanat FKUB selama ini telah bekerjasama dan menjalin komunikasi dengan baik.
Kami juga berterima kasih karena beberapa waktu yang lalu FKUB juga telah mengirimkan Tim dari Gugus Jaminan Mutu tentang manajemen pendidikan yang sangat kami butuhkan dalam mengelola dan mempersiapkan akreditasi di FK Unram.
Kami memiliki 96 staf, 1 Guru Besar, 9 Doktor dan beberapa staf yang sedang kuliah dan akan sekolah sehingga mampu menunjang Pendidikan kami.
Selain berkunjung ke FK Unram Sivitas Akademika berkesempatan mengunjungi tempat – tempat bersejarah dan tempat rekreasi yang ada di kawasan Lombok NTB, dimana hal ini juga bertujuan untuk refreshing sekaligus mengenalkan arti kebersamaan dan penguatan kerjasama atau team work SDM dalam sebuah pengelolaan manajemen. (An4nk- Humas FKUB)