Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 19 September 2013 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

PictureBanyaknya alumni pendidikan kedokteran yang dimulai sejak berdirinya Sekolah Tinggi Kedokteran Malang (STKM) 50 tahun yang lalu, dimana alumninya  telah berkiprah didalam dan luar negeri dan bersama – sama membangun serta meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia.

Hal inilah yang  menjadi alasan utama bagi Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) untuk menyelenggarakan “peringatan 50 tahun pendidikan kedokteran di Malang” pada sabtu dan minggu (14 – 15 / 9

Setidaknya pada Sabtu (14/7), sebanyak 350 alumni mahasiswa pendidikan kedokteran Malang lintas angkatan, untuk menghadiri seminar dan workshop dalam rangka peringatan 50 Tahun Pendidkan Kedokteran Malang  yang dipusatkan di Gedung Graha Medika Lantai 2 Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB). Kegiatan ini bertemakan “Memahami Payment Sistem di Era SJSN”, dengan  menghadirkan pembicara utama  Dr. Ir. Anny Ratnawati, MS yang merupakan Wakil Menteri Keuangan.

dr. Arif Alamsyah, MARS selaku ketua ikatan alumni FKUB menjelaskan,  kegiatan seminar ini merupakan salah satu rangkaian acara dari kegiatan perayaan memperingati 50 Tahun Pendidikan Kedokteran Malang. Selain sebagai ajang silahturahmi, seminar ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman dan sharing kepada para dokter tentang kebijakan pemerintah di bidang kesehatan yang akan segera menerapkan SPJS pada tahun 2014 mendatang.

“Kebetulan pada tahun 2014 nantinya kita akan menghadapi perubahan besar yaitu tentang penyelenggaraan sistem asuransi kesehatan yang menyeluruh namanya Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), kita ingin memanfaatkan momen tersebut dengan mendatangkan decision maker, dalam hal ini Wamenkeu serta Direktur PT. ASKES untuk memberikan pemahaman kepada rekan-rekan dokter tenang kebijakan anggaran pemerintah dibidang kesehatan serta perubahan model pembayaran asuransi yang akan dilaksanaka,” jelas Arif.

Arif juga menjelaskan bahwa kegiatan peringatan 50 Tahun Pendidikan Dokter Malang yang berlangsung selama dua hari ini tidak hanya diisi dengan seminar tetapi juga kegiatan seperti syukuran, lomba nyanyi mars panji Hijau Muda serta kegiatan gowes yang dilaksanakan pada Minggu (15/7). Sedangkan untuk seminar sendiri selain menghadirkan pembicara Wamenkeu Dr. Ir. Anny Ratnawati, MS., juga menghadirkan pemateri Direktur PT. ASKES Dr.dr. Fachmi Idris, M.Kes., Sekjen PB IDI dr. Daeng M Faqih, MH., serta Dr. dr. Jack Roebiyoso, M.Sc (OM), PKK., dan Prof. Budi Hidayat, SKM, MPPD, Ph.d. [ronny/Ang]