Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 8 Juni 2018 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Pada hari Rabu, (06/6/18) Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS. yang didampingi oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Dr. dr. Sri Andarini M.Kes dan Wakil Direktur Pendidikan dan Pengembangan Profesi RSUD Dr. Saiful Anwar Malang, dr. M. Bachtiar Budianto, SpB (K) Onk berkenan meresmikan Gedung Pendidikan Terpadu II FKUB –RSSA di RSUD Dr. Saiful Anwar Malang.

Peresmian GPT 2  ini merupakan sebagai salah satu komitmen dari Fakultas Kedokteran UB yang memiliki  jumlah Program Studi terbesar dan terbanyak  di Universitas Brawijaya, dimana telah menjalin dan meningkatkan kerjasama dengan beberapa sektor, baik itu Rumah Sakit, Dinas Kesehatan bahkan kerjasama dengan industri dan juga kerjasama dengan Pemerintah Daerah serta kerjasama lainnya baik didalam maupun luar negeri.

Dekan FKUB Dr. dr. Sri Andarini, M. Kes dalam sambutannya menyampaikan, Lingkup kerjasama antara FKUB dengan RSSA  terkait dengan bidang  Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Tri Dharma Perguruan Tinggi).

Sebagai sebuah Rumah Sakit Pendidikan Pendidikan Utama, RSUD Dr. Saiful Anwar Malang telah menjadi Rumah Sakit Tipe “A”  dan Pelayanan Paripurna oleh KARS dan merupakan Rumah Sakit yang  telah menjadi mitra  kami selama bertahun –tahun. dan dibantu juga oleh beberapa rumah sakit jejaring (satelit) di Jawa Timur dan beberapa Puskemas di Malang Raya .

Gedung Pendidikan Terpadu (GPT) II FKUB – RSSA dibangun pada pertengahan tahun 2015 dan selesai pada tahun 2018 dengan  memiliki Luas total : 15 m²  x  panjang:  38 m²   pada tiap lantainya,  dengan tinggi gedung 8 lantai dan luas total bangunan :  4. 486 m².

Gedung GPT II merupakan bangunan ketiga yang dibangun oleh Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya di lingkungan RSUD Dr. Saiful Anwar Malang,  setelah gedung IRNA I dan IRNA IV pada tahun – tahun sebelumnya. Dimana tujuan dari pembangunan beberapa gedung tersebut yakni  untuk meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan pendidikan serta sebagai  sarana dan prasarana penunjang pendidikan di FKUB dan RSSA.

Adapun fasilitas dari gedung GPT II FKUB – RSSA  ini antara lain:

-              Lantai 1 terdiri dari:  Ruang Kelas untuk PS PDS Emergency Medicine (EM), Ruang kelas PS PDS Patologi Anatomi (PA), Ruang kelas PS PDS Mikrobiologi Klinik  dan Ruang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Kamar Dokter Muda (Koas) Putra dan Putri

-              Lantai 2 sampai dengan lantai 4 : Untuk Program Studi PDS Ilmu Bedah

-              Lantai 5 : Jurusan  Pendidikan Dokter Spesialis dan PS PDS Anastesiologi

-              Lantai 6 : PS PDS  Radiologi

-              Lantai 7 : PS PDS THT –KL

-              Dan lantai 8 : PS PDS Ilmu Kesehatan Mata

Gedung ini dipergunakan untuk kepentingan bersama, menfasilitasi seluruh kegiatan pendidikan.

Lama pengerjaan dari pembangunan gedung ini sekitar kurang lebih 3 tahun dengan beberapa tahapan yakni :

-              Pada tahap 1 (tahun 2015)  dilaksanakan oleh PT.  Panca Kartika

-              Pada tahap 2 (tahun 2016) dilaksanakan oleh PT. Citra Prima Selaras

-              Dan tahap 3 (tahun 2017) dilaksanakan oleh PT. Surya Sarana Sentosa

Dibawah pengawasan konsultas pengawas yaitu CV.  Chatur Pilar Hutama.

Serta tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada Rektor UB, Direktur  RSUD Dr. Saiful Anwar Malang beserta jajaran, tim teknis pembangunan, tim penerima gedung dari FKUB atas segala dukungan dan bantuannya selama proses pembangunan Gedung Pendidikan Terpadu II FKUB – RSSA

Dengan diresmikannya gedung ini harapan kami semoga pendidikan dokter spesialis di FKUB dan RSSA semakin maju dan bereputasi. (An4nk – Humas FKUB)