Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 31 Oktober 2012 , oleh angga , pada kategori Berita

kesehatanpakisajiLaboratorium Ilmu Kesehatan masyarakat (IKM) Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) bekerjasama dengan Puskesmas Pakisaji, melaksanakan program penyuluhan kesehatan kepada masyarakat bagi warga Pakisaji. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diketuai oleh dr. Jack dan diikuti oleh 3 dokter ini dilaksanakan pada Rabu, (24/10) di Puskesmas Pakisaji, Kabupaten Malang.

Tujuan dari kegiatan tersebut  adalah untuk merintis peran dokter keluarga di masyarakat, kegiatan ini  disambut baik oleh warga desa Segenggeng, Pakisaji yang kebetulan sedang memeriksakan kondisinya kesehatannya di Puskesmas.

Dr. jack yang memimpin rombongan ini mengatakan, kami ingin merintis dokter keluarga yang bisa dekat dengan masyarakat. Selain memeriksa kesehatan dan memberi pengobatan bagi pasien kami ingin berbagi pengalaman serta  ikut merasakan keluhan ataupun pikiran-pikiran yang menjadikan mereka mengalami depresi, ungkapnya.

Selanjutnya Ia menekankan,  dalam proses pengobatan dan layanan seorang dokter tidak hanya dituntut untuk bisa mendiagnosa suatu penyakit saja, akan tetapi cara kita berkomunikasi dan empathy terhadap  sipasien akan sangat membantu percepatan penyembuhan mereka. “Hal ini selalu saya lakukan setiap kali saya memeriksa pasien, karena saya yakin dengan kita bertanya tentang pribadi dan keluarga-keluarga mereka maka mereka akan merasa beban pikiran mereka berkurang”, lanjutnya.

Sementara itu, dr. Khusnul yang turut serta dalam kegiatan ini juga memberikan beberapa saran bagi salah seorang warga tersebut. Menurutnya,  manusia akan memiliki suatu penyakit dimana penyakit tersebut berasal dari pikiran dan beban hidup yang terlalu berat, pola hidup yang kurang sehat dan lain-lain. Akan tetapi kalau dilihat dari segi agama kita juga bisa sedikit mengurangi beban penyakit yang kita derita ini dengan selalu mengingat-Nya, dengan berikhtiar dan berdzikir (bagi muslim) kita akan selalu ingat dan sadar bahwa segala penyakit yang diberikan Tuhan pasti ada obatnya, terangnya.

Kegiatan ini adalah kegiatan awal yang dilaksanakan IKM- FKUB, yang natinya akan dilanjutkan dengan penyuluhan kedesa-desa dan perumahan warga. Rencananya pengabdian kepada masyarakat seperi ini akan dilaksanakan sampai buloan Desember nanti, jelas dr. Alidha. (Ang)