Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 28 Januari 2016 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

PENUTUPANPKNMDIASRIKATON“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan bimbingan adik – adik mahasiswa – mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) kepada masyarakat kami”. Hal tersebut diungkapkan Supaadi selaku Kepala Desa Asrikaton, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang saat acara Penutupan kegiatan Program karya Nyata Mahasiswa (PKNM) 2016  di desanya pada Jum’at (22/1/16).

Lebih lanjut ia berharap, dalam kegiatan yang dilaksanakan selama 10 hari (11-22/ 1/16) ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa agar bisa lancar dan mencapai cita-citanya dan bermanfaat pula bagi masyarakat kami dalam mengenali dan menanggulangi penyakit yang biasa tersebar dimasyarakat.

Sementara itu, Firsto selaku Koordinator tim PKNM 2016 di Desa Asrikaton juga mengucapkan banyak terima kasih atas sambutan hangat dan kerjasama dari semua pihak mulai dari Pihak Desa (Kepala Desa dan jajarannya), Bidan Desa, Perawat Desa dan kader Kesehatan telah bersama dengan kami untuk memberikan fasilitas dan dukungannya dalam kegiatan ini.

Sementara itu Bidan Desa Asrikaton Dila menambahkan, semoga kegiatan ini dapat terus dilanjutkan serta ucapan terima kasih telah memberikan bimbingan dan pengenalan tentang macam –macam penyakit serta langkah – langkah pencegahannya bagi masyarakat kami.

PKNM sendiri merupakan salah satu mata kuliah atau SKS wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa FKUB sebelum masuk TA dan Pendidikan Profesi di Klinik. Kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan diri mahasiswa dengan masyarakat dengan disertai pengenalan, pembelajaran tentang kondisi kesehatan yang sedang terjadi di Masyarakat.

PKNM diwajibkan bagi seluruh mahasiswa FKUB dari seluruh Jurusan atau Prodi  dengan melalui beberapa langkah  yakni : observasi, perencanaan, implementasi, pembuatan laporan dan presentasi ujian.

PKNM 2016 dilaksanakan di Kecamatan Pakis Kabupaten Malang ini dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa FKUB angkatan 2012 ini terdiri dari 77 kelompok dan tersebar di desa-desa se Kecamatan Pakis. Didesa Asrikaton pakis sendiri  terdapat 5 tim yakni kelompok 23, 24, 25, 26, dan 27 dan masing –masing mempunyai sasaran tertentu antara lain :  tim 23 sasarannya remaja (SD dan Kader Remaja), Tim 24 (Penuluhan dan Kerja bakti di masyarakat Dusun Krajan), Tim 25 (Edukasi penyuluhan kader dan pemeriksaan gratis bagi Lansia), Tim  26 (penyuluhan Posyandu bagi Ibu dan Anak) dan Tim 27 (penyuluhan di Posyandu bagi Ibu Hamil). (An4nk- Humas FKUB)