Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 18 Pebruari 2016 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

scientific atmosphere baliSebanyak 16 delegasi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya mengikuti rangkaian acara Scientific Atmosphere yang dilaksanakan oleh Kelompok Ilmiah Hipocrates Fakuktas Kedokteran Universitas Udayana pada tanggal 11-14 Februari 2016. Keenam belas delegasi berasal dari 6 cabang lomba yakni, literature review, research abstract competition, poster ilmiah (2 kelompok), poster publik, essay edukasi, dan video edukasi.

Rangkaian acara Scientific Atmosphere dibuka pada tanggal 11 Februari 2016 pukul 19.00 oleh pembina Kelompok Ilmiah Hipocrates, dr. Pande Januraga mewakili Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang pada saat itu berhalangan hadir dikarenakan bertepatan dengan hari raya Galungan. Dalam sambutan pembukaannya , dr. Pande Januraga menyampaikan beberapa medical invention yg ditemukan oleh mahasiswa kedokteran, seperti heparin, kateter dan lainnya. Oleh karena itu, harapannya mahasiswa yang mengikuti kompetisi ini dapat berkarya seperti para mahasiswa penemu dan tak lupa mempublikasikan karyanya. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan technical meeting. Acara berakhir pukul 21.00 dan dilanjutkan mobilisasi peserta ke penginapan.

sc atmosphere bali 1Hari kedua merupakan hari dimana semua delegasi brawijaya mempresentasikan karyanya dihadapan juri. Kegiatan dilakukan di gedung kuliah Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Pada sesi pertama, yaitu pukul 08.00 – 12.00 dilakukan presentasi lomba literatur review, essay edukasi, poster publik dan poster ilmiah,dimana pada cabang lomba literatur review, delegasi brawijaya diwakili oleh Krishna Rangga Permana dan Deddy Dwi Septian. Pada cabang lomba essay edukasi diwakili oleh Elli Maulidya. Sedangkan pada cabang lomba poster publik diwakili oleh Azka Qothrunnadaa dan Petrisia Ristanti. cabang lomba lainya, yaitu poster ilmiah, diwakili oleh dua kelompok. Kelompok pertama terdiri dari Ika Dewi Soraya, Rizka Farida dan Wahyu Dwi Nugroho. Kelompok kedua terdiri dari Yanti Marito Parhusip, Divayari Gardiani dan Thoha Muhajir Albaar. sementara pada sesi kedua, yaitu pukul 13.00 – 15.30 dilakukan presentasi video edukasi dan reseach abstract competition, dimana pada cabang lomba video edukasi, universitas brawijaya diwakili oleh Putu Ijiya Danta Awarata, Hasnah Okta Asyrofi dan Elsa Safira Chaerinnisa, dan pada cabang lomba terbaru, yaitu research abstract competition, diwakili oleh Surya Iman Muhammad dan Aulia Wahyu Indraswari.Masing masing kelompok mampu mempresentasikan karyanya dengan baik dan lancar. Pada malam harinya dilakukan kegiatan yuk melali, yaitu mengunjungi beberapa area wisata sekaligus meningkatkan kedekatan antar delegasi.

Pada hari ketiga, para peserta melakukan city tour di pagi hari dan gala dinner di malam hari. Para delegasi berangkat pukul 07.00 WITA menuju pantai balangan. Disana para delegasi mengikuti kegiatan watersport yang terdiri dari banana boat dan snorkling. Kegiatan dilanjutkan dengan wisata ke pulau penyu. Setelah itu para delegasi bersih diri dan bersiap siap untuk ke tempat peribadatan lima agama. Disana para delegasi melakukan peribadatan sesuai agama masing masing dan makan siang. Setelah itu para delegasi kembali ke penginapan dan bersiap siap untuk gala dinner. para peserta mengikuti gala dinner mulai pukul 19.00 – 22.00 WITA. Disana para peserta menyantap makan malam dan saling mengakrabkan diri satu sama lain. Pada acara tersebut terdapat penghargaan Jegeg dan Bagus SA. Perwakilan dari Universitas Brawijaya, Deddy Dwi Septian terpilih sebagai Bagus SA.

Pada hari terakhir, seluruh delegasi menghadiri seminar nasional bertemakan Holistic Care in Geriatric. Acara ini dibuka oleh dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Acara dilanjutkan oleh keynote speaker oleh direktur RSUP Universitas Udayana mengenai An Overview of Geriatric and Health Care Service.

sc atm 2Kemudian, seminar dilanjutkan oleh rektor Universitas Udayana mengenai penanganan diabetes melitus tipe 2 pada geriatri. Setelah itu dilakukan pembacaan pemenang lomba video edukasi, poster edukasi, dan essay publik. Delegasi Universitas Brawijaya berhasil meraih juara 1 pada kompetisi video edukasi atas nama Putu Ijiya Danta Awata. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan seminar yang dibawakan oleh Dr dr A Laksmidewi, Sp.S(K)   mengenai neurobehaviour pada geriatri. Sesi terakhir dilanjutkan oleh I Gede Putu Darma Suyasa, SKp,Mng,PhD dengan materi mengenai perawatan geriatri. Di bagian akhir acara Dibacakan para pemenang lomba bidang poster ilmiah, literature review dan reseach abstract competition. Delegasi ub memperoleh juara 2 poster ilmiah atas nama ika dewi soraya dan juara 3 literature review atas nama krishna rangga permana.

Menurut salah seorang delegasi dari Universitas Brawijaya, yakni Putu Ijiya, kegiatan Scientific Atmosphere dikemas dengan menarik walaupun merupakan kegiatan ilmiah. Putu Ijiya juga merasa bangga dengan pencapaian delegasi Universitas Brawijaya walaupun masih belum dapat meraih juara umum. Harapannya dengan persiapan yang lebih matang, delegasi dari Universitas Brawijaya mampu mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. (Mahasiswa for Humas FKUB)