Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 4 Maret 2014 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

“Pemenuhan kebutuhan jumlah tenaga Dokter Spesialis dan pemerataannya masih jauh dari harapan”. Hal tersebut diungkapkan oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB), Dr. dr. Karyono Mintaroem, SpPA saat memberikan sambutannya dihadapan 15 Dokter Spesialis Baru yang dilantik pada Jum’at (28/2) lalu.

Menurutnya dengan dilaksanakannya pelantikan PS PDS I pada hari ini jumlah lulusan spesialis kita sejumlah 486 orang. “Sebagai Dokter Spesialis diharapkan saudara dapat berperan secara maksimal sebagai tenaga professional untuk meningkatkan kualitas pelayanan dokter spesialistik di rumah sakit”, ungkap spesialis Patologi Anatomi ini.

Kami sangat berharap kemampuan akademik yang saudara punyai terus dikembangkan sepanjang hayat, selain itu komunikasi intensif dengan almamamter perlu dilakukan dan  dijaga dalam upaya mengikuti perkembangan ilmu dan keterampilan, harapnya.

Disamping itu dalam kegiatan ini Direktur RSSA, dr. Budi Rahayu, MPH menyampaikan beberapa pesan bagi para lulusan, pelantikan ini merupakan momentum yang sangat bersejarah dalam perjalanan pendidikan seorang dokter. Mulai hari ini saudara menjadi anggota masyarakat dan warga negara yang memiliki tanggung jawab besar dalam pelayanan dan dituntut memiliki kompetensi sebagai seorang dokter spesialis.

Saat ini kita dihadapkan dengan kebijakan baru Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dimana hal ini merupakan perubahan sistem pelayanan kesehatan dimulai dari fasilitas pelayan primer baik di Puskesmas maupun dokter keluarga, selanjutnya rumah sakit menjadi rujukan. Artinya tenaga kesehatan mnenjadi gate system yang akan menyeleksi pasien mana yang akan memperoleh lanjutan di RS kelas D, C, B dan A, disitulah kesempatan bagi para lulusan spesialis baru untuk memberikan pelayanan  yang terbaik kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Sehingga dari hal tersebut saya berharap, sebagai dokter spesialis yang baru ditengah masyarakat merupakan profesi dan gelar yang tidak ringan tanggung jawabnya karena selain dituntut untuk dapat memberikan pelayanan kepada pasien maupun klien secara etis professional dan berorientasi kepada kepuasan pelanggan sebagai unsure pelayan prima dengan mengutamakan keselamatan pasien.

Berikut daftar lulusan PS PDS I. dr. Nur Khoma Fatmawati, MKes, SpM, dr. Yoyok Suharyanto, SpM, dr. Agung Setyawan, SpRad, dr. Betty Sihombing, Sp.Rad, dr. Aniek Rachmawati, SpRad, dr. Dini Rahmawati SpRad, dr. Eva Khristi Purbandini, SpTHT-KL, dr. Tikto Wahyono, SpA, MBiomed, dr. Kinit Diana, SpPK, dr. Bernandus Anggaru, SpPD, dr. R. Muhammad David Jayanegara, SpOT, dr. Ferryzal Okvianda Mundrajat, SpOT, dr. Raden Mohammad Fattahillah Malik, SpM, dr. Syarifah Rohaya, SpM, dan dr. Nisful Laila Sa’adah, SpM (An4nk)