Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 18 Maret 2014 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Program Studi Magister Kebidanan  Fakultas kedokteran bekerjasama dengan LP3 Universitas Brawijaya (UB) untuk melaksanakan pelatihan Pelatihan Pengembangan  Keterampilan Dasar Teknik Instruksional  (PEKERTI) yang dilaksanakan selama 5 hari yakni mulai hari senin sampai dengan jum’at (10-14/3).

Dalam laporannya KPS S2 Kebidanan Dr. dr. Nurdiana, M. Kes  mengungkapkan, salah satu komponen utama yang mempengaruhi kualitas proses dan keluaran pendidikan tinggi adalah dosen yang harus berperan aktif sebagai pemateri.

Menurutnya untuk menjadi seorang pemateri yang baik, seorang dosen memerlukan berbagai kepiawaian dalam merancang, menyajikan serta mengevaluasi materi perkuliahan dengan segala aspek dukungannya. Dengan demikian sebagai tenaga pengajar atau dosen perlu menguasai berbagai kemampuan, antara lain kemampuan pemahaman teori belajar mengajar, model belajar mengajar, perancangan instruksional dan evaluasi hasil belajar.

Dihadapan para mahasiswi S2 kebidanan yang semuanya adalah tenaga pendidik pada institusi masing-masing Nurdiana juga berpesan, kemapuan  tenaga pengajar menjadi faktor yang sangat menentukan kualitas pembelajaran.

Pelatihan kali ini diikuti oleh mahasiswi magister Kebidanan FKUB angkatan 2012 dengan peserta sebanyak 35 orang, imbuhnya.

Sementara itu, Dekan FKUB Dr. dr. karyono Mintaroem, SpPA saat membuka acara menyampaikan, saudara belajar pada S2 Kebidanan ini nantinya akan dididik untuk emnjadi seorang pendidik. Sesuai dengan peraturak Dikti bahwa yang diperbolehkan mengajar S1 harus bergelar Magister (S2), yang mengajar S2 harus bergelar Doktor (S3).

Dekan berpesan, sebagai seorang pengajar saudara harus mempunyai keterampilan dan pengetahuan yang luas. Hal ini penting maka saudara harus mempunyai dasar untuk mengikuti perkembangan ilmu atau keterampilan dan teknologi dalam dunia pendidikan. Kami berharap dengan adanya program pelatihan Pekerti ini menjadi bekal dalam proses awal saudara menjadi seorang dosen yang berkembang pada institusi saudara.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Prof. Dr. Munawar, SE. DEA selaku ketua LP3 UB juga memberikan sambutan, menurutnya sekarang ini semangat efisiensi maka dalam pendidikan seorang tenaga pendidik harus tersertifikasi. Meskipun keahlian khususnya kebidanan tapi pendidiknya juga harus tersertifikasi.

Dalam sertifikasi ini para calon dosen akan melaksanakan serangkaian perbekalan dari para ahli selama 5 hari untuk mendapat sertifikasi dari Dikti. Kewajiban saudara tentunya tidak harus berhenti sampai menerima sertifikat Dikti saja, akan tetapi saudara mempunyai tanggung jawab untuk meningkatkan skill dan kualitas sebagai pendidik.

Kami berharap setelah diadakan kegiatan ini apa yang telah diberikan dapat diperguanakan dengan baik. Sehingga kita dapat menyampaikan materi dengan baik dalam pelaksanaan belajar mengajar kedepan.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama 5 hari tersebut berikut beberapa pemateri yang mempresentasikan teknik – teknik mengajar : 1. Prof. Dr. Munawar, SE. DEA (Paradigma Pembelajaran dan Kebijakan Pendidikan Tinggi), 2. Dr. dr. Nurdiana, M. Kes (Pembelajaran Kompetensi Profesi), 3. Dr. Ahsan, S. Kp, M. Kes (Teori tentang praktek mengajar yang menarik, teori motivasi dan penerapannya dalam pembelajaran), 4). Dr. Ir. Sri Minarti, MP (Strategi pembelajaran dalam kelas), 5. Dr. Sutrisno, SpOG (K) (Merancang pembelajaran asuhan kebidanan ; ANC,Persalina, Post partum), 6. Prof. Dr. Ir. Hendrawan Soetanto, M.Rur. Sc (Tips Presentasi Lisan), 7. Dra Diana Lyrawati, Apt., MS, PhD (Penulisan Buku Ajar/Modul), 8. Dr. dr. Sri Andarini, M., Kes (Evaluasi hasil belajar pembelajaran & kognitif). 9. Prof. Dr. Ir. Abdul Latief Abadi, MS (Pemanfaatan multimedia pembelajaran), Dr. dr. Edi Mustofa, SpOG (K). (An4nk)