Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 18 Pebruari 2014 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

TED PEDULI KELUDKedahsyatan erupsi gunung Kelud di Kediri Jawa Timur yang terjadi pada Kamis (13/2) lalu, mengakibatkan hujan abu vulkanik dan material gunung yang dapat membahayakan bagi para korban di wilayah sekitar area radius sekitar 10 KM dari pusat letusan terjadi. Dampak letusan ini berimbas pada beberapa daerah di Jawa Timur seperti Kediri, Blitar, Malang dan sekitarnya  bahkan sampai di Jawa tengah, Daerah Istimewa Jogjakarta hingga Jawa Barat.

Sehubungan dengan hal tersebut untuk membantu evakuasi dan perawatan medis para korban secara langsung, maka Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) pada Jum’at (14/2) menerjunkan Tim Emergency Disaster (TED) di daerah Pujon Kabupaten Malang. Dalam pelaksanaannya tim ini dibantu oleh Tenaga Medis,  Lembaga Kesehatan Mahasiswa (Lakesma), dan Satgana dari Bakorwil 3 Jawa Timur.

Rombongan tim ini  diberangkatkan secara langsung oleh Dekan FKUB, Dr. dr. Karyono Mintaroem, SpPA. Dalam sambutannya Ia berpesan agar para relawan untuk bencana gunung kelud ini selalu waspada akan bahaya yang mengancam dan berusaha menjaga kesehatan  diri serta berkoordinasi dengan seluruh relawan bencana dilokasi.

Letusan gunung Kelud kali ini membawa dampak luar biasa bagi masyarakat kita, ungkap mantan Kajur Pendidikan Dokter ini. Saya berharap dalam menjalankan tugas mulia ini kita selalu mendapatkan perlindungan dan keselamatan saat bertugas, harapnya.

Sementara itu, Koordinator Tim Emergency Disasater FKUB dr. Djoko yang diwawancarai secara terpisah menyatakan pihaknya akan terus berupaya memberikan bantuan evakuasi dan pelayanan medis bagi para korban. Saat ini kami menerjunkan beberapa tim relawan dan tim medis serta dengan perbekalan berupa alat – alat medis, obat-obatan, masker, air mineral,  dan bahan makanan. Selain itu tim kami juga mensiagakan 2 buah mobil ambulance, 1 truck, 1 truck tanki air dan beberapa mobil untuk membantu mobilitas proses evakuasi, jelasnya. (An4nk)