Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 21 April 2015 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Menurunnya jumlah persediaan darah dan semakin tingginya kebutuhan darah di Malang membuat aktifis mahasiswa kesehatan yang tergabung dalam Lembaga Kesehatan Mahasiswa (Lakesma) Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang pada Selasa (21/4/15) selenggarakan aksi donor darah dengan target 100 kantong darah.

Aksi kepedulian yang dipusatkan di area Parkir Team Emergency Disaster (TED ) FKUB tersebut diwadahi oleh panitia dalam kegiatan Donor Darah (Dora 2015).

Ketua Pelaksana Dora 2015 Ervin Monica mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang tiap tahun dilakukan oleh lembaga kami (Lakesma). Rencananya kegiatan ini akan berkelanjutan dan akan dilaksanakan 3 kali pada tahun ini, tegasnya.

Mahasiswi Pendidikan Dokter  FKUB ini  menambahkan, kegiatan pertama sudah kami laksanakan pada hari ini untuk selanjutnya akan kami laksanakan pada tanggal 1 Juni di Car Free Day, dan kegiatan ketiga pada tanggal 22 September di Gazebo UB dengan harapan acara ini dapat memfasilitasi teman-teman untuk mendonorkan darahnya.

Menurutnya, apresiasi dari mahasiswa FK dan Fakultas lainnya di UB sangat baik. Sebelum acara ini kami berupaya membagikan brosur kepada warga UB dan sekitarnya, dan  beberapa dari yang sudah menerima brosur kami kembali untuk mendonorkan darahnya pada acara ini, katanya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini masyrakat yang membutuhkan darah dapat mempergunakannya dengan baik, hal inilah yang mendasari kami menyelenggarakan kegiatan donor darah karena dari hal yang pernah kami dengar sebelumnya bahwa ada salah satu pasien yang kecelakaan membutuhkan darah sedangkan kesediaan darah pada saat itu kosong maka pasien tersebut harus meregang nyawa. Kami tidak ingin kejadian itu terulang kembali karena bentuk kepedulian kemanusiaan ini semoga PMI mampu menambah jumlah kesediaan darah.

Selain acara donor darah, panitia juga memberikan penyuluhan informasi tentang kesehatan donor darah. Sebagai ucapan terima kasih atas partisipasi para pendonor panitia dan PMI juga memberikan souvenir, ice cream, photobooth, roti dan minum yang semuanya gratis.

Ia berpesan, karena ada pembatasan pada hari ini ia berharap para pendonor dapat mendonorkan darahnya pada event selanjutnya. (An4nk)