Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 14 September 2015 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Organisasi Mahasiswa Gizi Kesehatan (Ormagika) Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) pada Minggu (13/9) kemarin, kembali menyelenggarakan Konsultasi Gizi (Kozi) 2015. Tapi dalam pelaksanaan Kozi kali ini sedikit berbeda panitia memilih Lapangan rampal sebagai tempat pelaksanaanya.

Ketua pelaksana Kozi 2015 Sita Miyasa saat diwawancarai Humas FKUB menyampaikan alasan kenapa memilih Lapangan Rampal sebagai tempat dilaksanakannya adalah karena selama ini kami melaksanakan acara Kozi di dalam kampus UB, Car Freeday Jalan Ijen Boulevard dan Mall Olympic Garden (MOG) saja.

Akan tetapi disana kebanyakan partisipannya adalah kalangan remaja saja, berbeda dengan apa yang sekarang kami laksanakan disini (Rampal) sangat banyak sekali kategori usia yang sedang berolahraga dan jalan –jalan yang ramai sekali.

Sehingga peserta sasaran konsultasi yang kami selenggarakan lebih bervariasi dari segi usia, ungkap mahasiswi Gizi angkatan 2013 ini dan sampai saat ini target kita antara 150 sampai dengan 200 orang peserta.

Antusias dari masyarakat sangat besar meskipun pada awalnya mereka sempat bertanya acara apa ini? Katanya.

Menurutnya, tidak terlalu sulit untuk menjelaskan kepada para calon peserta yang sebagian besar tertarik untuk datang dan berkonsultasi. Mereka yang berpartisipasi kamiberikan penyuluhan gizi seimbang, timbang berat dan tinggi badan, pengukuran lingkar perut, cek gula darah dan konsultasi dengan  ahli gizi.

Panitia merupakan mahasiswa /I Ilmu Gizi FKUB yang berasala dari beberapa angkatan yakni 2012 sebagai Steering Commite, 2013 dan 2014 sebagai pelaksana serta bekerjasama dengan bebrapa mahasiswa berbagai prodi yang tergabung di Lembaga Kesehatan Mahasiswa (lakesma) FKUB dan Alumni Gizi FKUB sebagai ahli Gizi.

Selanjutnya Sita menambahkan, selaku panitia kami merasa senang sekali dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan skill komunikasi, berbagi ilmu dan mengaplikasikan praktek secara langsung dari  teori yang telah kami dapatkan dikelas. Dengan demikian kami bisa mengetahui dan belajar melayani berbagai macam karakteristik masyarakatyang sangat beragam, terangnya.

Ia berharap kegiatan Kozi di Rampal ini dapat dilanjutkan kembali  sehingga pengalaman kita dalam melayani masyarakat dapat meningkatkan soft skill kita selain teori pada saat mnengikuti kuliah di kelas. (An4nk/HumasFKUB).