Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 27 Desember 2013 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Dalam rangka memperingati Dies Natalis UB ke 51 dan peringatan 40 tahun berdirinya pendidikan kedokteran di Malang , panitia peringatan 40 tahun dan reuni Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya menyelenggarakan bakti sosial berupa Operasi Katarak Gratis bagi sebanyak 65 pasien penderita mata katarak kurang mampu.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (21/12) di Rumah Sakit Akademik (RSAUB) ini merupakan kerjasama dari panitia dan Persatuan Dokter Mata Indonesia (PERDAMI) Malang dan Yayasan Seribu Cinta, ungkap Ketua Pelaksana dr. Safarudin Refa, Sp.M-KVR.

Operasi ini merupakan kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan dalam rangka reuni dan peringatan 40 tahun berdirinya pendidikan dokter di Malang. Sebelum operasi terakhir yang bertempat di RSAUB ini kami juga menyelenggarakan hal serupa diantaranya di Rumah Sakit Umum Daerah Lawang, Puskesmas Sutojayan Blitar, dan Rumah Sakit Umum Daerah Bangil dengan target masing – masing sebanyak 50 peserta operasi.

Selanjutnya, Ketua PERDAMI Malang ini mengatakan, kami juga menerjunkan secara langsung beberapa dokter mata yang tergabung dalam ikatan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI). Dan kami berharap dengan adanya operasi katarak gratis ini bisa meringankan beban penderita dan keluarga  dikarenakan biaya operasinya mencapai Rp. 7. 500. 000 – Rp. 12. 000. 000, imbuhnya.

Selain kegiatan bakti sosial berupa operasi katarak kami juga akan menyelenggarakan seminar nasional dengan pembicara antara lain: Jusuf Kalla (Mantan Wapres RI), Abraham Samad (Ketua KPK) dan Wakil Menteri Kesehatan pada tanggal 4 Januari 2014 mendatang. (An4nk)