Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 31 Oktober 2012 , oleh angga , pada kategori Berita

pekangiziTomat merupakan buah yang sering dipakai oleh para ibu untuk memasak sup atau membuat jus segar dengan harga yang ekonomis bagi semua lapisan masyarakat. Karena selain bisa dimasak tomat juga bisa dibuat jus segar.

Tomat itu awalnya tumbuh di Mexico, dan terkenal dengan nama tomat Mexico. Lalu, oleh pengembara Spanyol yang akan pergi ke Amerika Utara, tomat dibawa ke benua Eropa 500 tahun lalu. Saat di Eropa, tepatnya di negara Perancis tomat disebut Apel Cinta lalu di Inggris disebut Apel Emas.

Selain rasanya lezat, tomat juga banyak mengandung vitamin A dan C yang sangat baik bagi kesehatan kulit, gusi dan mata. Untuk itu, kita harus banyak makan tomat agar mata, gusi dan kulit kalian semakin sehat.

Hal inilah yang mendasari  mahasiswa Jurusan Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) untuk melaksanakan Nutritions Festival 2012, dengan tema “Create You’re Creativity To Be Active and Healthy Generation” yang dipusatkan di drop off pintu masuk Mal Olympic Garden (MOG), pada Sabtu  (20/10).

Kegiatan ini merupakan program kerja dari eksternal Ormagika Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) serta bertujuan untuk mengenalkan Jurusan Gizi ke masyarakat dan kami memilih MOG karena kami yakin target pengunjung sekitar 800 – 1000 orang akan ter. “Kenapa tomat yang kita angkat pada event keempat ini dikarenakan tomat merupakan buah yang mudah didapat serta dengan sedikit penyajian-penyajian yang menarik kita bisa dapat membelajarkan kepada masyarakat bahwa tomat bisa memiliki nilai jual lebih setelah diolah”, ungkap Melisa Ketua Pelaksana Nutrifest 2012.

Mahasiswi jurusan Gizi angkatan 2010 ini mengatakan , “Kegiatan ini sudah dilaksanakan keempatkalinya oleh mahasiswa FKUB yang sebelumnya pada tahun-tahun lalu kami melaksanakannya di Matos”. imbuhnya.

Selain itu dalam rangkaian kegiatan ini dilaksanakan pula lomba cipta kreasi sajian berbahan baku buah tomat serta lomba dibidang Fotografi dan Majalah Dinding (Mading).  Dimana peserta pada bidang Fotografi yang bertema natural tersebut pesertanya berasal dari kategori umum sedangkan  untuk Mading pesertanya berasal dari tingkat SMA seperti SMA 3, SMA 9 dan SMK Kesehatan.

Selanjutnya, kreasi sajian berbahan dasar tomat ini awalnya diikuti oleh 19 kelompok dan dikerucutkan menjadi 5 kelompok terbaik yang saat ini berhak untuk ditampilkan dalam rangkaian Nutrifest ini. Para pemenang lomba yang terpilih  itu semua berdasarkan vote dari para pengunjung.

Kegiatan ini didukung oleh beberapa sponsor antara lain: BNI, Nestle, Garuda Food, Sosro, Tong Jie, Gama Resto dan MOG. Diharapkan dengan diadakannya kegiatan seperti ini akan menambah dan meningkatkan mutu pendidikan Gizi bagi masyarakat serta memberikan pembelajaran-pembelajaran bagi mayarakat. (Ang)