Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 24 Pebruari 2017 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

mscia 2017Pada tanggal 9-12 Februari yang lalu, MSCIA UB telah menyelenggarakan kegiatan National Leadership Summit (NLS) di Malang, Jawa Timur. Kegiatan NLS (National Leadership Summit) 2017 adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh MSCIA FKUB di bawah naungan CIMSA Center for Indonesian Medical Students’ Activities). Dan merupakan acara meeting tahunan CIMSA yang dilaksanakan selama empat hari.

Hari pertama pelaksanaan NLS dibuka dengan kegiatan newcomers session, kemudian dilanjutkan dengan IFMSA session dan Training untuk seluruh delegasi. Kemudian pada malam harinya terdapat acara welcoming party yang merupakan pembukaan acara NLS 2017 serta diisi dengan pemberian sambutan oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Presiden CIMSA, Local Coordinator CIMSA lokal UB, Ketua Panitia NLS 2017 dan beberapa tamu undangan lainnya seperti Student Organization CIMSA dan diisi juga dengan beberapa pertunjukan hiburan yang telah disiapkan oleh panitia. Lalu acara terakhir sekaliggus penutup untuk hari pertama NLS ialah plenary session yang merupakan sarana pengambilan keputusan  mengenai hal hal penting yang berkaitan dengan organisasi dan diambil melalui musyawarah.

Kemudian pada hari kedua, acara dimulai dengan training yang diberikan mulai dari level intermediate hingga advance dan mengacu pada modul kaderisasi CIMSA. Materi training antar kelas akan berbeda satu sama lain dan kemudian acara dilanjutkan dengan kegiatan supergames. Setelah itu acara selanjtnya adalahGrand lecture. Pada kegiatan ini tema yang diangakat ialah“actualizing greater impact towwards communities with CIMSA Program” yang disampaikan langsung oleh perwakilan dari UNICEF yaitu Valerie Crab. Selanjutnya terdapat kegiatan General Issue Update (GIU) yang membahas mengenai tiga topik yaitu Doctors entertainment oleh dr. Vardian Mahardika, M.Biomed,  lalu Doctor career Coaching oleh dr. Frilya Rachma Putri, Sp.KJ, dan Doctor goes abroad oleh dr. Ali Haedar, Sp. EM. Setelah GIU terdapat acara Parallel Session yang merupakan merupakan wadah untuk bertemu dan memaparkan program kerja serta perkembangan lokal masing-masing. Kemudian acara terakhir di hari kedua ialah plenary session.

Pada hari ketiga acara dimulai dengan kegiatan training, lalu akan ada small working group untuk membahas dan berdiskusi terkait dengan permasalahan dan issue terkini. Setelah itu dilanjutkan dengan parrarel session dan comdev corner. Comder corner sendiri merupakan kegiatan yang berupa project fair untuk menampilkan project comminty development yang dimiliki oleh masing-masing Lokal. Kemudian hari ketiga ditutup dengan Farewell Party yang merupakan acara penutupan National Leadership Summit 2017yang berisi penampilan penampilan dari setiap region dan official CIMSA nasional.

Hari keempat yang merupakan hari terakhir NLS 2017 telah dilaksanakan social program ke Gunung Bromo yang bertujuan untuk memperkenalkan kawasan pariwisata Kota Malang .

Pada pelaksanaan NLS di bulan februari ini, MSCIA UB berhasil mendapatkan beberapa penghargaan diantaranya yaitu:

  1. MSCIA UB as a TOP LOCAL on the second period
  2. 1st winner of National health day – World diabetes day 2016 campaign challenge
  3. Host meeting National Leadership Summit 2017
  4.  Back to 90′s as Best World Aids Day Project
  5. Antusias as Most favorite project for maternal health program
  6. Dokcil in Action as Most favorite project for health system program
  7. Peace Out as Most favorite project for professional and research exchange program
  8. Community development corner participant
  9. Salwa as 3rd place favorite photo contest of SCORE 25th Anniversary
  10. Maria Rinonce as a Best SCORA member on the second period
  11. Nisa Aprilani as a Best LORE on the second period

Dan pada akhirnya NLS telah berhasil diselenggarakan dengan lancar dan semoga pelaksanaan NLS lalu dapat memberikan manfaat bagi seluruh delegasi maupun panitia serta dapat memotivasi MSCIA UB untuk lebih berprestasi lagi baik di skala nasional maupun international. Be active with MSCIA! (MSCIA FKUB For Humas FKUB)