Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 9 Maret 2012 , oleh angga , pada kategori Berita

foto_munas_bidanSebanyak 95 orang peserta yang bersal dari 39 Intitusi Kebidanan se- Indonesia yang tergabung dalam organisasi nasional Ikatan Mahasiswa Kebidanan Indonesia (IKAMABI) mengikuti Musyawarah Nasional (Munas) dan Rapat Kerja nasional (Rakernas) di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB).

Kegiatan yang dilaksanakan pada jum’at sampai dengan minggu (2-4/3) ini dipusatkan di Aula Biomedik lantai 2 FKUB. Hadir pada kesempatan ini Dekan didampingi oleh Pembantu Dekan III, Presiden BEM FKUB, serta Sekretaris Jendral IKAMABI.

Ayusa selaku Ketua Pelaksana munas dan rakernas IKAMABI mengatakan, kegiatan munas dan rakernas ini bertujuan untuk fokus terhadap kepengurusan IKAMABI, sedangkan untuk deklarasinya sudah dilaksanakan di Surakarta pada tahun 2011 lalu. Kegiatan musyawarah nasional dan rapat kerja nasional ini baru pertama kali dilaksanakan tetapi sebelumnya sudah diadakan kongres-kongres dibeberapa kota, “terangnya”.

Selanjutnya, organisasi nasional ini dulu bernama IMABI dan dirubah menjadi IKAMABI pada tahun 2011 lalu saat kongres dan deklarasi di Surakarta. IMABI yang terbentuk pada tahun 2009 dulu beranggotakan dari institusi Kebidanan yang meliputi: Jogja, Solo dan Semarang, sedangkan FKUB baru bergabung dengan organisasi mahasiswa kebidanan ini pada tahun 2010 sendiri saat ini kesekretariatannya dipusatkan di Universitas Airlangga (Unair), “Imbuhnya”.  Menurutnya, dengan mengikuti organisasi nasional seperti ini diharapkan S1 Kebidanan akan lebih kearah eksistensi secara nasional karena tergolong masih baru maka ini akan membantu peningkatan kemampuan anggotanya dalam berorganisasi, “ungkapnya’’.

Dekan FKUB, Dr. dr. Karyono Mintaroem, SpPA dalam sambutannya menyatakan, Kegiatan organisasi ini sangat bermanfaat, “ungkapnya”.  Oleh karena itu, tunjukkanlah kreativitas saudara agar bermanfaat dimasyarakat. Untuk profesi kesehatan baik  Dokter, Kebidanan, Keperawatan, Gizi dan Farmasi kedepan diharuskan mengikuti ujian kompetensi nasional dan OSCE dengan standarisasi yang sama, “imbuhnya”.

foto_munas_bidan1Selanjutnya, sebagai mahasiswa aktif  Dekan menghimbau agar mempersiapkan diri dalam menyusun rencana atau program – program kerjasama dengan para professional agar terjalin kerjasama yang baik sebagai upaya peningkatan eksistensi serta bisa mencurahkan segala keinginan dan mewujudkan satu program kekhususan. Diharapkan dengan dimulainya Musyawarah Nasional (Munas) dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di FKUB ini kedepan organisasi kebidanan ini akan lebih baik sehingga program ilmiah dan pengabdian masyarakat dapat dilanjutkan dimasing – masing intitusi atau perguruan tinggi untuk menumbuhkan kegiatan yang efisien dan positif, “terangnya”. (Ang)