Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 31 Oktober 2012 , oleh angga , pada kategori Berita

moaLab/SMF Ilmu Penyakit Dalam (IPD) Program Pendidikan Dokter Spesialis I (PPDSI) Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB), menyelenggarakan Moment of Agreement (MOA) dalam bidang Pengembangan PPDS I – Ilmu Penyakit Dalam di Fakultas Kedokteran Universitas Universitas Lambung Mangkurat (FK-UNLAM). Kerjasama yang ditanda tangani oleh Dekan FKUB selaku pihak pertama dengan pihak kedua Dekan di FK-UNLAM tersebut dilaksanakan diruang Rapat lantai 5, GPP – FK UB, pada Selasa (23/10).

Dekan FK-Unlam Prof Dr. dr. Ruslan Muhyi, Sp. A (K) dalam sambutannya mengatakan, Kerjasama ini merupakan perwujudan dari komitmen Pemda kami untuk memajukan SDM sangat besar. Fasilitas ini berupa bantuan dana sehingga dengan begitu kami bisa melaksanakan pengembangan pendidikan bagi para dosen untuk melanjutkan pendidikan dokter.

Selanjutnya, Ia menjelaskan kenapa kami memilih UB untuk membimbing kami dalam melaksanakan PPDS bidang Ilmu Penyakit Dalam, UB menurut kami sangat tepat untuk dijadikan rujukan karena dinilai sangat maju dalam bidang tersebut, selain itu kami bisa banyak belajar dari FKUB yang rata-rata adalah almamater kami, ungkap alumni FKUB angkatan 1983 ini.

Kami telah melaksanakan beberpa kerjasama dibidang lab/smf lain dengan beberapa universitas seperti Unair, Unpad dan lain-lain. Dan ini merupakan upaya kami karena ada target dari Rumah Sakit kami pada hari kesehatan nanti untuk diresmikan menjadi RS pendidikan, tentunya dengan didukung SDM yang telah mumpuni, imbuhnya.

Sementara itu Dekan FKUB, Dr. dr. Karyono Mintaroem, SpPA menyatakan Penandatangan Naskah Kerjasama ini merupakan lanjutan dari kerjasama yang telah kami bicarakan sebelumnya. Kami mengucapkan terimakasih atas kepercayaan dari pihak FK-Unlam untuk bekerjasama dibidang pengembangan Ilmu Penyakit Dalam dengan institusi kami.
Sebelumnya kami juga sudah melaksanakan pendampingan bagi FK- Universitas Mulawarman (UNMUL), FK Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan sekarang mereka sudah bisa berjalan dengan baik. Diharapkan kita sama-sama menjalankan komitmen dan sepakat untuk melaksanakannya dengan baik. (Ang)