Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 2 Desember 2019 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang,- Sabtu, 30 November  2019. Kesehatan menjadi faktor utama yang dapat mempengaruhi kualitas hidup masyarakat kita, namun sebagian besar penduduk Indonesia saat ini dihadapkan dengan banyak sekali  jenis penyakit menular dan tidak menular dan prevalensinya semakin meningkat tiap tahunnya.

Efek dari adanya gangguan kesehatan sangat kompleks dan cenderung variatif, bisa kita lihat dampaknya bisa  berpengaruh  pada segi finansial, sosial bahkan psikologi dari penderita dan keluarganya.

Sebagai upaya untuk turut serta dalam meningkatkan kualitas hidup manusia serta membantu dalam  menyelesaikan segala jenis permasalahan yang terjadi dimasyarakat khususnya dalam bidang kesehatan, Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya yang dalam perkembangannya kini telah  memiliki sekitar 6 Jurusan dengan jumlah sebanyak 33 program studi serta unit/laboratorium dan departemen penunjang didalamnya, ingin turut serta dan berperan mengatasi permasalahan tersebut.

Tentunya peran serta FKUB banyak dibutuhkan oleh masyarakat kita yang sedang kurang beruntung, dikarenakan kesehatannya terganggu. Hal tersebut juga sesuai dengan nilai pada  Tri Dharma Perguruan Tinggi dimana didalamnya terkandung unsur Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

dr.  Eriko Prawestingtyas selaku Ketua Pelaksana Pengmas menyatakan, bahwa  kegiatan  ini meruapakan salah satu kegiatan rangkaian peringatan Dies Natalis Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya ke 46 tahun, dimana kali ini FKUB menyelenggarakan kegiatan “Pengabdian Kepada Masyarakat” dimana FKUB akan memberikan konsultasi, pemeriksaan kesehatan / skrinning, dan pengobatan kepada serta pemberian resep atau rujukan bagi masyarakat  dengan target peserta sebanyak 250 orang pasien, dimana  terdiri dari Masyarakat Umum (warga sekitar UB, Prolanis), Pensiunan UB, Karyawan FKUB dan lain – lain, selain itu dalam kegiatan ini juga akan dilaksanakan Pap Smer (tentunya dengan persyaratan yang telah ditentukan), serta donor darah yang masing – masing ditargetkan 50 peserta.

Kegiatan pengmas Dies FKUB ke 46 ini akan dilaksanakan oleh para ahli dari FKUB  bagi  masyarakat awam dan peserta  dan dilanjutkan dengan  konsultasi, pemeriksaan dan pengobatan gratis yang didukung oleh tenaga  kesehatan yang berasal  dari mahasiswa (S1), Mahasiwa Profesi (Koas), Mahasiswa Pendidikan Dokter Spesialis dan Supervisor (dokter spesialis) mulai dari Jantung, THT, Neurologi, Urologi, Konsultasi kebidanan dari Prodi kebidanan, dan pelayanan kefarmasian dan obat – obatan dari Prodi Farmasi, dll, imbuhnya.

Kami berharap kegiatan yang mendatangkan massa yang cukup banyak ini akan berjalan dengan lancar, serta masyarakat yang turut berpartisipasi mendapatkan tambahan wawasan tentang penyakit yang sedang dideritanya, selain itu semoga informasi yang telah didapatkan dapat disebarluaskan dan ditularkan kepada masyarakat yang lainnya.

Kami ucapkan terima kasih atas segala bentuk bantuan dukungan dan kerjasama dari seluruh pihak yang terlibat dan membantu mensukseskan kegaiatan ini. (Anank – Humas FKUB)