Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 15 Agustus 2016 , oleh angga , pada kategori Berita

Program Magister Ilmu Biomedik (PMIB) telah terdaftar sebagai satu dari 3 (tiga) program studi di Universitas Brawijaya yang akan menjalani visitasi ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) ke-65 pada tanggal 23 – 25 Agustus 2016. PMIB juga merupakan program studi magister pertama di ASEAN yang disetujui untuk divisitasi oleh AUN Secretariat. Untuk mempersiapkan visitasi tersebut, PMIB menyelenggarakan rangkaian Simulasi Visitasi AUN-QA PMIB mulai hari Selasa, 26 Juli 2016 sampai dengan 9 Agustus 2016.

Simulasi ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, yaitu simulasi internal PMIB, pelatihan pemadaman kebakaran (baca beritanya disini), simulasi internal PJM dan simulasi eksternal.  Keseluruhan kegiatan simulasi ini melibatkan sejumlah stakeholder yang terdiri dari dosen tetap PMIB, mahasiswa PMIB, tenaga kependidikan, alumni dan employer (pengguna lulusan). Rangkaian kegiatan ini merupakan bagian dari proses adaptasi stakeholder dengan atmosfer kegiatan visitasi AUN-QA yang sesungguhnya di akhir Agustus nanti.

Rangkaian simulasi internal dan eksternal bertujuan untuk menyamakan persepsi dari seluruh stakeholder yang terpilih menjadi interviewee terkait AUN-QA dan PMIB, terutama mengenai struktur kurikulum dan Program Learning Outcome yang sedang berjalan di PMIB. Simulasi internal PMIB pada tanggal 26 Juli 2016 dipimpin oleh taskforce AUN-QA. Simulasi internal PJM dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2016 dengan dipimpin oleh asesor internal dari PJM UB, yaitu Ir. Achmad Wicaksono, M.Eng., Ph.D., dan Ir. Didik Suprayogo, M.Sc., Ph.D. Simulasi eksternal dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2016 dengan dipimpin oleh asesor AUN-QA dari Institut Teknologi Bandung, Prof. Satria Bijaksana, M.Sc., Ph.D. Selain latihan interview, stakeholder juga berpartisipasi dalam pelatihan pemadaman kebakaran yang dilaksanakan pada 1 Agustus 2016 dengan melibatkan instruktur yang khusus didatangkan dari pemadam kebakaran kota Malang. Kegiatan simulasi site visit ke laboratorium juga menjadi bagian dari simulasi visitasi. Kegiatan site visit ke laboratorium ini bertujuan untuk mengevaluasi kesiapan laboratorium dalam visitasi dua minggu mendatang.

AUN-QA merupakan sertifikasi program studi bertaraf ASEAN dengan pusat (headquarter) yang bertempat di Chulalongkorn University, Bangkok, Thailand. AUN-QA merupakan salah satu upaya penyamaan standar pelaksanaan pendidikan dalam taraf program studi di seluruh perguruan tinggi di ASEAN. Sertifikasi ini memungkinkan civitas akademika yang menjadi bagian dari program studi tersertifikasi untuk ikut serta dalam berbagai kegiatan AUN, termasuk diantaranya adalah program beasiswa, joint research, seminar dan forum-forum lainnya. Hal inilah yang menjadi motivasi utama pengajuan proses sertifikasi AUN-QA oleh PMIB. Selain mengukuhkan eksistensi PMIB di ASEAN, diharapkan sertifikasi ini akan membuka peluang yang lebih besar lagi bagi dosen, mahasiswa dan alumni PMIB untuk menjadi bagian dari komunitas keilmuan di tingkat ASEAN.

Program Magister Ilmu Biomedik telah merintis persiapan internasionalisasi sejak tahun 2013. Penyusunan dokumen Self Assessment Report (SAR) AUN-QA telah dimulai sejak tahun 2014 dengan bimbingan dari Pusat Jaminan Mutu (PJM) Universitas Brawijaya. Taskforce penyusun SAR AUN-QA terdiri atas 7 orang, yaitu Aswaty Nur, S.Si., M.Kes; dr. Siwipeni Irmawanti Rahayu, M.Biomed; dr. Dian Nugrahenny, M.Biomed; Dr. dr. Loeki Enggar Fitri, M.Kes, Sp.ParK; Kana Mardhiyyah, S.Si., M.Biomed; dr. Titik Cinthia Dewi, M.Biomed dan dr. Nia Kurnianingsih, M.Biomed.

Sejak bulan Juni 2016 telah dibentuk Panitia Persiapan Visitasi AUN-QA PMIB yang diketuai oleh dr. Siwipeni Irmawanti Rahayu, M.Biomed dan terdiri atas 40 orang panitia, 100 orang stakeholder dan sejumlah tenaga pendukung dari laboratorium, fakultas dan universitas. Persiapan dari segi SDM (stakeholder), dokumen (SAR dan apendiks) dan sarpras menjadi fokus utama upaya persiapan visitasi AUN-QA. Semua persiapan ini diharapkan dapat membawa PMIB menjadi program magister pertama di ASEAN yang dapat meraih sertifikasi AUN-QA. (sw/anang)

aunqa