Fakultas Kedokteran

Universitas Brawijaya
Ditulis pada 2 Maret 2015 , oleh Editor FKUB , pada kategori Berita

.pimnas fk Dr. Ir. Bambang Dwi Argo, DEA mengatakan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (UB) lebih percaya diri saat presentasi di ajang PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) dibanding fakultas lain. Ini sangat menguntungkan karena 60 persen penilaian berasal dari poin presentasi.

“Bahkan ada juri yang mengatakan, mungkin ini karya dosennya. Karena melihat mereka menguasai betul materinya,” ungkap dosen Fakultas Teknologi Pertanian UB ini. Hal tersebut disampaikan juri PIMNAS sejak 2002 ini kepada PRASETYA Online di Sosialisasi PKM 2015, Selasa (25/2) di Samantha Krida.

Namun ada kejadian di PIMNAS 2013, peserta dari UB terlalu percaya diri saat presentasi sehingga juri terpantik untuk mencari di internet. Ternyata ditemukan materi penelitian yang serupa. Sayangnya, mahasiswa yang bersangkutan tidak bisa menjelaskan letak perbedaan penelitiannya.

“Setiap penelitian itu memiliki roadmap. Ke depannya materi ini akan dibekalkan kepada mahasiswa,” tuturnya.

Senada dengan Bambang, Ir. Sukandar, MS dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UB mengatakan, penguasaan materi saat presentasi menjadi salah satu faktor keberhasilan di PIMNAS. Diakuinya, mahasiswa FK memang memiliki keunggulan dalam hal kepercayaan diri saat presentasi terutama PKM-P (Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian).

Ditambahkan Sukandar yang saat ini mendampingi 4 PKM terdanai, untuk menghadapi monitoring evaluasi eksternal, setiap jenis PKM memiliki strategi yang berbeda. Untuk PKM-M (Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat) dan PKM-K (Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan), walaupun belum ada dana yang turun, operasional tetap berjalan karena harus berhadapan dengan masyarakat. Karena menurutnya, saat monev laporan awal dibuat sesuai yang tertulis di proposal. [ai/denok(prasteya)/An4nk]